BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Polisi Beberkan Catatan Kejahatan Anggota KKB Kali Kopi yang Tewas Didor

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

Polisi Beberkan Catatan Kejahatan Anggota KKB Kali Kopi yang Tewas Didor

Share this article
Kapolres Mimika
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Adhianta dan Dandim 1710 Mimika Letkol (Inf) Yoga Cahya Prasetya saat menggelar konperensi pers, Selasa (18/8).

Selama bergabung dalam Kelompok Kriminal Bersenjata, tersangka diketahui terlibat beberapa aksi yakni:

  1. Hengky wanmang terlibat aksi penyanderaan masyarakat dan karyawan PTFI di kampung Banti dan kampong kimbeli tembagapura tahun 2017
  2. Aksi pembakaran ID Card Karyawan PT Freeport Indonesia pada tanggal 16 Februari 2018 di Kampung Kimbeli, Tembagapura. Peran Hengky sebagai orang yang menyuruh melakukan sekaligus sebagai pelaku pembakaran.
  3. Aksi Pembakaran SD Banti dan RS Banti Tgl 24 Maret 2018 di Kp. Banti, Tembagapura. Peran Hengky sebagai orang yang menyuruh melakukan sekaligus sebagai pelaku pembakaran.
  4. Aksi Penembakan Terhadap 3 Triler, 2 Lwb dan 1 Rantis pada tanggal 1 Desember 2017 di MP 60, 61 Tembagapura. Korban: Adventus Unggu Nugroho (Luka). Peran Hengky Sebagai Pelaku Penembakan.
  5. Aksi Penembakan terhadap Karyawan PT.Freeport Indonesia di Kuala Kencana Tgl 30 Maret 2020. Korban: Graeme Thomas Wael (MD), Ucok Simanulangkit (Luka), Jibril Bahar (Luka). Peran Hengky ikut merencanakan aksi namun tidak turun langsung ke lapangan.

Kapolres menambahkan pada saat tim melakukan penarikan pasukan dari markas KKB diketahui di Mile 69 PT.FI terjadi penembakan kearah Helypad sehingga terjadi kontak senjata dengan tim yang melakukan pengamanan di Area tersebut. Terkait kontak tembak di Mile 69 PT.FI tim melihat 3 orang KKB terkena tembakan namun belum bisa memastikan identitasnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Personil gabungan TNI –Polri akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *