BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Gedung Puskesmas Ada di Gunung, Tapi Pasien dan Tenaga Medisnya Ada di Timika, Kok Bisa ?

pngtree vector tick icon png image 1025736
12
×

Gedung Puskesmas Ada di Gunung, Tapi Pasien dan Tenaga Medisnya Ada di Timika, Kok Bisa ?

Share this article
Mimika papua, TNI
Warga Omponi Aroanop saat merayakan HUT RI ke 75.

Jelas Reynold, khusus wilayah gunung, Dinkes berkolaborasi dengan beberapa stakekolder untuk melakukan pelayanan seperti YPMAK, BPBD dan OPD lainnya.

“Tapi dalam hal kamtibmas kami selalu meminta arahan dari Bupati, Kapolres dan Dandim. Sekarang ini kami mencoba membenahi standar pelayanan, selain berkolaborasi, minggu depan rencana turun ke wilayah Yapakopa dan Aindua,” paparnya.

ads

Menurut Reynold, pelayanan kesehatan suatu wilayah berdasarkan tiga isu, yakni pelayanan kesehatan pada wilayah yang penyakitnya terabaikan seperti kusta. Kusta banyak terdapat di Yapakopa, Aindua, dan Ararao.

“Tim akan ke sana dan pada semester akhir ini tim targetkan tiga kali. Berikut wilayah yang masalah kesehatannya berbatasan dengan kabupaten lain yaitu di puskesmas Jita di Jita, Sumapro, dan tim akan ke sana dimana di sana berbatasan dengan Kabupaten Asmat,” pungkasnya.

Dijelaskan, Dinkes sedang mendesain program. Jika aman, akhir Agustus atau September tim akan jalan bersama terutama di wilayah Aroanop, Tsinga, Hoya dan Alama.

“Kalau Jila informasi yang kami peroleh relatif kondusif, tapi kami tetap minta saran dari Bupati, Kapolres dan Dandim,” tandasnya.

Kesempatan itu dia mengakui program malaria di Timika masih tinggi. Dinkes berharap setiap orang yang terdiagnosa malaria wajib mendapat pengobatan secara paripurna sampai benar-benar sembuh

“Pengawasan minum obat dilakukan oleh petugas puskesamas,” tuturnya. (mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *