BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Tidak Puas Kebijakan Freeport, Karyawan Lanjut Blokir Jalan Tambang, Hingga Tadi Malam PTFI-DPRD Cari Solusi

pngtree vector tick icon png image 1025736
3
×

Tidak Puas Kebijakan Freeport, Karyawan Lanjut Blokir Jalan Tambang, Hingga Tadi Malam PTFI-DPRD Cari Solusi

Share this article

Namun kesepakatan tersebut ternyata belum juga memuaskan karyawan.

Kapolsek Tembagapura mengatakan Kepala Disnaker Mimika Paulus Yanengga yang telah tiba di Tembagapura sejak Selasa (25/8), telah berupaya menemui para karyawan yang melakukan blokade jalan tambang di Mile 72.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Karyawan menolak jawaban dari pihak manajemen karena masih belum puas atas jawaban yang diberikan. Penolakan karyawan karena slot yang diberikan untuk turun ke Timika hanya 200 orang. Padahal sebelum adanya pandemi COVID-19, dalam sehari karyawan yang turun ke Timika menggunakan konvoi bus bisa sampai 700 bahkan 800 orang,” kata Ipda Edison.


Riza Pratama selaku VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia yang juga merupakan juru bicara perusahaan mengakui manajemen Freeport telah menggelar pertemuan dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan jajaran Forkopimda guna membicarakan soal aksi penutupan jalan dan pemblokiran akses operasi PT Freeport Indonesi di Ridge Camp, Mile 72, Tembagapura.

Riza menegaskan perusahaan memahami aspirasi para karyawan.

Pertemuan itu sendiri menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu para karyawan PTFI dari Tembagapura yang akan libur dapat turun ke Timika dengan melakukan test RDT (Rapid Test) sebagaimana protokol PTFI (tidak lagi PCR sebagaimana protokol sebelumnya).

Saat mereka tiba di Terminal Gorong-Gorong Timika, petugas hanya melakukan protokol pengecekan suhu.

Kemudia, dalam waktu enam pekan ke depan sebanyak 4.800 karyawan yang sejak April 2020 belum berkesempatan cuti akan diberikan prioritas untuk didaftarkan dalam pengaturan penyesuaian jadwal cuti dan rotasi kerja.

“Kepada para pekerja yang tetap bekerja selama masa pandemi COVID-19, perusahaan memberikan apresiasi atas upaya luar biasa karyawan menjaga produktivitas dan keberlanjutan produksi yang aman, berupa penghargaan finansial kepada para pekerja.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *