BERITA UTAMA

BBMKG Jayapura Rutin Informasikan Cuaca Berpotensi Timbulkan Bencana

pngtree vector tick icon png image 1025736
3
×

BBMKG Jayapura Rutin Informasikan Cuaca Berpotensi Timbulkan Bencana

Share this article
BMKG Jayapura
Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah V Jayapura, Ezri Ronsumbre

“Tugas kita saat ini hanya memperbarui dan memberikan informasi yang berhubungan dengan kodisi saat ini, karena memang perlu di ketahui bahwa cuaca di Papua sifatnya dinamis cepat sekali berubah, dan terkait dengan informasi La Nina yang saat ini sedang berkembang, kami masih pantau karena hujan-hujan yang terjadi, istilahnya masih dipantau, kami tidak bisa menjas kalau ini fenomena La Nina,” katanya.

Dia mengatakan lantaran fenomena La Nina itu sendiri tidak mempunyai dampak ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk Papua, karena Papua itu selama ini, dari hasil penelitian yang dibuat sebelumnya, Papua mempunyai faktor lokal yang lebih dominan daripada daerah lain, jadi La Nina itu lebih banyak efeknya di Merauke dan wilayah Biak.

ads

Terkait media dieseminasi, kata dia, pihaknya hanya bertugas untuk menyebarluaskan informasi terkait kondisi, baik berupa produk iklim maupun potensi hujan bulanan, kemudian informasi cuaca “peringatan dini now custing” apabila ada potensi cuaca yang jam-jamannya saat ini maka BBMKG Jayapura akan mengeluarkan rilis peringatan cuaca ekstrem, ada peringatan cuaca ekstrim tiga harian sampai prospek cuaca selama satu minggu.

“Itu yang secara rutin kami memperbarui melalui media diseminasi kami. Nah, media diseminasi kami itu kan ada WhatshApp, telegram, facebook, instagram dan lain-lain. Didalam group WhatshApp kami itu lebih banyak stekholder kami jadi TNI/Polri, Basarnas, dan BPBD,” ujarnya.

Kemudian,tambah dia, secara rutin pihaknya juga mengabdate informasi prakiraan hujan bulanan ke BPBD baik secara langsung maupun tidak langsung, biasnaya mereka menyurat ke BBKMG Wilayah V Jayapura untuk meminta data prakiraan cuaca hujan tiga bulanan, biasanya disiapkan dan disampaikan.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *