BERITA UTAMAMIMIKA

Pusat Kuliner Timika Sukses Mengubah Kumuhnya Pasar Sentral Jadi “Pasir Kaliki Bandung”

pngtree vector tick icon png image 1025736
5
×

Pusat Kuliner Timika Sukses Mengubah Kumuhnya Pasar Sentral Jadi “Pasir Kaliki Bandung”

Share this article
Jeck Lambe

Sumber air bersih lanjut dia, harus selalu tersedia dan sarana toilet harus ditambah serta selalu dalam kondisi baik atau siap pakai.

“Pengelola air bersih beserta toilet kalau bisa dari badan usaha atau instansi terkair yang mengelola,” harapnya.

ads

Selain itu agar lebih indah, kedepannya kabel listrik lebih baik melalui bawah tanah supaya lebih tertata baik.

“Untuk sampah dan limbah dari setiap warung sebaiknya dikelola oleh petugas kebersihan yang ditunjuk pemerintah,” jelasnya.

Terpenting lagi, pengelola juga harus menghindarkan lokasi dari pengamen dan pungli. “Keamanan pengunjung maupun pedagang diperhatikan dengan baik. Begitupun dengan kendaraan pengunjung selalu diawasi oleh tim atau petugas yang bertugas dengan dilengkapi kamera CCTV jika memungkinkan,” urainya.

Selain itu, pengelola tidak mengenakan retribusi atau pajak tidak terlalu besar agar pedagang semakin semangat berdagang.

“Taman terbuka hijau sebaiknya ada dalam lokasi dan tempat tersebut. Jika memungkinkan lengkapi dengan pos keamanan, pos pemadam kebakaran, klinik dan ATM,” usul Jeck.

Ia juga menyarankan, pengelola harus memperhatikan pintu masuk dan keluar lokasi harus menggunakan sistem satu pintu atau one gate system.

“Hanya satu pintu namun menggunakan dua portal untuk keluar dan masuk dan menggunakan karcis kendaraan bagi pengguna kendaraan.
Untuk pejalan kaki dibuatkan trotoar supaya aman dan nyaman masuk dan keluar,” jelasnya.

Meski demikian Jack juga mengungkapkan, sebenarnya lokasi yang paling tepat untuk program tersebut di bekas lokasi Pasar Swadaya Timika atau Pasar Lama.

“Menurut hemat saya sebagai warga masyarakat Kabupaten Mimika ini, tempat yang tepat untuk itu adalah ex-Pasar Lama Timika. Mengingat tempat ini berada di jantung kota untuk saat ini dan akses kesana sangat strategis dari berbagai arah,” tuturnya.

Namun yang terpenting lanjutnya, dimanapun lokasinya stand jualan dibuat Indah seperti yang terlihat di Pasir Kaliki Bandung, niscaya akan menjadi ikon Timika dimasa depan.(mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *