BERITA UTAMAMIMIKA

Kerjasama Berbagai Pihak, PTFI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Mimika akan Pencegahan Penularan COVID-19 

pngtree vector tick icon png image 1025736
332
×

Kerjasama Berbagai Pihak, PTFI Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Mimika akan Pencegahan Penularan COVID-19 

Share this article
Covid 19
PTFI mengadakan sosialisasi pencegahan COVID-19 dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat Mimika.


Timika, fajarpapua.com – PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten Mimika terus melakukan berbagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Mimika. Sejumlah program terus dijalankan, baik untuk menangani para pasien maupun mencegah penyebarluasan penularan COVID-19.

Hal ini gencar dilakukan mengingat Kabupaten Mimika menjadi salah satu kabupaten dengan kasus positif COVID-19 tertinggi di Papua, mencapai lebih dari 2.781 kasus positif secara kumulatif per 11 November 2020 (Data Satgas Penanggulangan COVID 19 Provinsi Papua). Setiap hari, rata-rata jumlah penambahan kasus positif COVID-19 di Mimika mencapai 20 hingga 30 orang.
 
“Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November ini, sesuai dengan tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, PTFI mengajak seluruh pihak yang ada di Mimika untuk bersatu dan bahu membahu melakukan semua upaya yang kita bisa untuk memutus rantai penularan COVID-19. Dengan memperkuat tekad untuk menjaga diri dan keluarga, kita akan turut ambil bagian dalam upaya menyelamatkan bangsa dari pandemi COVID-19,” ujar Corporate Communications Manager PT Freeport Indonesia, Kerry Yarangga.
 
Kesadaran masyarakat Mimika akan resiko pandemi COVID-19 yang masih cenderung rendah, menjadi salah satu tantangan penanggulangan pandemi di wilayah tersebut. Banyaknya kelompok masyarakat yang masih tidak meyakini ancaman penularan COVID-19 menjadi tantangan tersendiri terhadap berbagai upaya mitigasi COVID-19.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Kesadaran sebagian kelompok masyarakat Mimika yang masih tergolong rendah ini menjadi tantangan kita bersama untuk dapat menangani pasien dengan cepat, menelusuri kontak kasus COVID-19, serta melakukan edukasi pencegahannya. Kami berharap, upaya yang kami lakukan bersama dengan berbagai pihak, termasuk PTFI, akan mengoptimalkan mitigasi COVID-19 di Mimika,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Mimika, Obet Tekege.
 
Selain terlibat di ranah pencegahan penularan COVID-19 di Mimika, PTFI juga mengambil bagian dalam penanganan para pasien kasus positif dengan menyediakan berbagai fasilitas dan kebutuhan penanganan pasien, seperti pemanfaatan Mimika Sport Complex dan Wisma Atlet yang dibangun oleh PTFI, sebagai akomodasi isolasi pasien COVID-19 di Timika. Selain itu, PTFI turut menyediakan fasilitas perawatan pasien COVID-19 dengan menyalurkan 100 tabung oksigen untuk penanganan pasien di RSUD Mimika. Klinik Kuala Kencana di kompleks perkantoran PTFI pun telah dilengkapi dengan alat untuk menganalisa hasil pemeriksaan tes PCR dari berbagai rumah sakit di Mimika.
 
Untuk membantu daya tahan ekonomi masyarakat, PTFI bersama berbagai pihak lain, seperti Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) serta Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL) di bawah Keuskupan Timika juga membagikan bahan makanan kepada masyarakat yang tinggal di berbagai kampung di sekitar area kerja perusahaan di dataran rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *