BERITA UTAMANASIONAL

KPK Kawal Aksi Pencegahan Korupsi di Papua Melalui Aplikasi JAGA

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

KPK Kawal Aksi Pencegahan Korupsi di Papua Melalui Aplikasi JAGA

Share this article
KPK
Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding.

“Sedangkan, dua permasalahan pada sektor kesehatan dan bansos yang paling banyak dikeluhkan adalah tidak tersedianya obat-obatan dan tenaga medis di fasilitas kesehatan masyarakat (faskesmas), dan minimnya data penerima bansos. Salah satunya disebabkan data yang belum dimutakhirkan,” ujar Ipi.

Pada sektor anggaran daerah dan desa, misalnya, masyarakat akan mendorong pemanfaatan aplikasi JAGA serta membentuk relawan dalam pengawasan anggaran kampung. Sedangkan dari sisi pemda akan mendukung dengan mewajibkan transparansi data di setiap kampung.

ads

Untuk sektor pendidikan, kata Ipi, aksi yang akan dilakukan masyarakat adalah melakukan kolaborasi dengan pemda dan perguruan tinggi untuk menjadi tenaga pengajar bagi sekolah yang kekurangan guru.

“Selain itu, akan bekerja sama dengan relawan guru, serta mengaktifkan fitur diskusi di menu JAGA. Terkait dana BOS, masyarakat didorong untuk lebih aktif memanfaatkan data yang disajikan dalam aplikasi JAGA. Sementara, pemda secara bersama-sama akan mendorong perbaikan sarana dan prasarana bagi tenaga pendidik agar lebih sejahtera dan aktif melakukan pengkinian data pendidikan terutama dana BOS,” tuturnya.

Sedangkan pada sektor kesehatan dan bansos, rencana aksi masyarakat adalah meneruskan keluhan terkait penyaluran bansos melalui aplikasi JAGA dan berperan aktif untuk mengecek data penerima bansos.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *