BERITA UTAMAOLAHRAGA

Momen-momen penting dalam olah raga sepanjang 2020

cropped cnthijau.png
10
×

Momen-momen penting dalam olah raga sepanjang 2020

Share this article

Ketika seisi Bumi dikunci oleh apa yang menjadi salah satu kata paling terkenal tahun ini, yakni lockdown, guna membendung penyebaran virus corona, dunia olah raga turut terkena getahnya.

Jadwal-jadwal rusak untuk tak saja merugikan aspek olah raganya namun juga aspek finansial di mana olah raga sudah lama menjelma menjadi industri.

ads

Uniknya keadaan itu memaksa olah raga beralih ke arena virtual seperti terjadi pada aspek banyak kehidupan lainnya.

2020 menjadi tahun virtual bagi olah raga, yang mungkin sangat sulit lagi terjadi kemudian, khususnya mulai akhir triwulan pertama sampai pertengahan tahun itu. Ada atletik virtual, ada tenis virtual, NBA, Formula 1, dan seterusnya.

Namun tahun ini pula olah raga mencatat momentum kebangkitan aktivisme atlet, terutama setelah kasus pembunuhan lelaki kulit hitam George Floyd di Amerika Serikat oleh polisi kulit putih di sana yang memicu gerakan Black Lives Matter yang memuat pesan kesetaraan ras dan keadilan sosial yang bahkan mendorong kampanye kesadaran politik di AS ketika atlet-atlet di sana turut mendorong masyarakatnya bersuara pada pemilu 3 November lalu guna menghentikan orde yang dianggap mereka rasis dan tidak toleran.

Tahun ini juga unik karena bulan-bulan mukadimah dan bulan-bulan epilognya diwarnai oleh kehilangan dua legenda besar olah raga. Keduanya adalah Kobe Bryant di NBA yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada 26 Januari, dan Diego Maradona yang wafat pada 25 November.

Namun tahun ini pula rekor dan sejarah tercipta. Rafael Nadal menjadi petenis paling sering juara Prancis Terbuka sepanjang masa, Lewis Hamilton menyamai rekor Michael Schumacher, Lionel Messi melampaui rekor Pele, dan Liverpool juara liga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Berikut, tanggal-tanggal cantik dalam rangkaian peristiwa menarik sepanjang tahun ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

JANUARI
6 Januari, pebulutangkis nomor satu dunia Kento Momota menembus dominasi China dalam Malaysia Masters dengan menjuarai nomor tunggal setelah mengalahkan Viktor Axelsen pada final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *