BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Demo !!! Hutan Ditebang, Kayu Diangkut Keluar Timika, Warga Klaim Pemilik Hak Ulayat Tuntut PT PAL

pngtree vector tick icon png image 1025736
11
×

Demo !!! Hutan Ditebang, Kayu Diangkut Keluar Timika, Warga Klaim Pemilik Hak Ulayat Tuntut PT PAL

Share this article
Warga yang mengklaim pemilik hak ulayat PT PAL menggelar aksi demo menuntut ganti rugi.

Kedua belah pihak sepakat akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat agar persoalan ini dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, tokoh pemuda suku Moni, Erianus Hesen Hanauw yang juga sebagai pemilik hak ulayat lokasi perkebunan sawit PT PAL mengatakan, janji-janji yang PT PAL berikan kepada masyarakat pemilik hak ulayat sangat menggiurkan tetapi pada kenyataannya tidak ada realisasi di lapangan.

ads

“Lebih parah lagi setelah menghilangkan hutan puluhan ribu hektare, kelapa sawit sudah ditanam, belum ada manfaat dari hasil hutan yang dihilangkan itu malah ada rencana perkebunan itu akan dialihkan untuk ditangani oleh perusahaan lain, sementara masyarakat sudah lama menunggu janji-janji dalam perjanjian bersama PT PAL itu direalisasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Erianus mengatakan intinya adalah kejelasan dari pihak managemen PT PAL terkait janji-janji kepada masyarakat pemilik hak ulayat. Juga retribusi atas kayu-kayu yang telah ditebang dan dibawa keluar Timika yang juga tidak pernah ada.

Erianus mengatakan pihaknya menunggu waktu pertemuan bersama yang telah disepakati antara PT PAL dan pemilik hak ulayat yang difasilitasi Pemkan Mimika sehingga ada kejelasan terkait pembayaran ganti rugi lokasi perkebunan kelapa sawit termasuk janji-janji yang dituang dalam kontrak kerja sama awal.(mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *