BERITA UTAMAMIMIKA

Admin Group Facebook Berita Terbesar di Timika Kena Hack

cropped cnthijau.png
13
×

Admin Group Facebook Berita Terbesar di Timika Kena Hack

Share this article

Pada umumnya, ada tiga metode yang bisa digunakan pada serangan seperti ini

Pertama adalah account tersebut sudah dikirim spyware yang telah di inject kedalam hp untuk kemudian data yang masuk maupun keluar dari hp tersebut bisa langsung diterima oleh sih penyerang.

Metode ini memang lazim digunakan dalam beberapa kasus, contohnya salah satu spyware buatan Israel yang bernama Pegasus yang berhasil mengintai handphone beberapa pejabat dunia atau yang umum digunakan menggunakan payload dari metasploit.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Spyware semacam Pegasus ini memang sulit didapatkan dan juga mempunyai harga yang sangat mahal ketika kita ingin membelinya.

Kedua adalah metode screening menggunakan IMSI, atau dalam dunia phreaking sering disebut penyadapan sms, teknik ini memang hanya dilakukan oleh profesional karena alat yang dibutukan juga alat khusus seperti SDReplay, HackRF One, Airspy ataupun beberapa alat lain yang sejenis.

Kegunaan alat tersebut adalah menangkap signal yang masuk dari hp yang ditarget kemudian merubahnya hingga bisa terbaca dilayar penyerang. Jadi sederhananya lalu lintas data yang masuk ke hp yang sudah ditarget akan disadap oleh penyerang tadi lewat alat ini.

Dengan begitu proses pada saat permintaan kode sms yang masuk di hp korban otomatis akan bisa juga dibaca pada monitor penyerang.

Terakhir atau ketiga adalah penyadapan langsung. Dalam hal ini hanya bisa dilakukan oleh pihak yang sangat berkepentingan untuk tujuan khusus, misalnya pengamanan negara ataupun dilakukan oleh team khusus seperti KPK dan lembaga lainnya.

Beberapa teknik agar kejadian seperti ini dapat ditanggulangi dan bagaimana mencegahnya akan diulas lebih jauh pada artikel lain dari fajarpapua.com (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *