BERITA UTAMAMIMIKA

Awas Hujan Lebat dan Angin, BMKG : Waspada Bencana Hidrometeorologi

pngtree vector tick icon png image 1025736
13
×

Awas Hujan Lebat dan Angin, BMKG : Waspada Bencana Hidrometeorologi

Share this article
Prakiraan cuaca
Prakiraan cuaca Mimika.

Selanjutnya Okto juga menjelaskan prospek tinggi gelombang dalam sepekan mendatang di sejumlah perairan di Papua.

Dijelaskan, kategori gelombang antara 0,25 sampai 1,25 meter pada tanggal 8 hingga 10 Februari 2021 dapat terjadi di Teluk Cendrawasih, Perairan Biak, Perairan Jayapura – Sarmi, Perairan Agats – Amamapare, Yos Sudarso, Perairan Merauke, Laut Arafuru bagian timur, dan Laut Arafuru selatan Merauke.

ads

Kategori gelombang 0,25 sampai 1,25 meter pada 11 hingga 14 Februari 2021 diperkirakan terjadi di Teluk Cendrawasih, Perairan Biak, Perairan Jayapura – Sarmi, Samudera Pasifik utara Jayapura, Perairan Agats – Amamapare, Yos Sudarso, Perairan Merauke, Laut Arafuru bagian timur, dan Laut Arafuru selatan Merauke.

Sementara kategori gelombang dengan tinggi 1,25 hingga 2,50 meter pada 8 hingga 14 Februari 2021 terjadi di Perairan Biak, Perairan Jayapura – Sarmi, Samudera Pasifik utara Biak, Samudera Pasifik utara Jayapura, Perairan Agats – Amamapare, Laut Arafuru bagian timur, dan Laut Arafuru selatan Merauke.

Sedangkan kategori gelombang antara 2,50 hingga 4,00 meter pada 8 hingga 10 Februari 2021 terjadi di perairan Laut Arafuru bagian timur, dan Laut Arafuru selatan Merauke.

Sementara angin wilayah Papua bagian utara umumnya bertiup dari arah Barat Laut – Timur dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 25 km/Jam dan di wilayah Papua bagian selatan umumnya bertiup dari Selatan – Utara dengan kecepatan 05 – 25 km/Jam.

Terkait kondisi cuaca ini, lebih lanjut, Okto memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati.

Untuk wilayah Papua yang berada pada ZOM 341, 339 dan 342 berada pada periode puncak musim hujan, wilayah tersebut diantaranya adalah Kota Jayapura, Keerom bagian utara, Kabupaten Jayapura bagian Timur Laut, Kabupaten Jayapura, Sami bagian Selatan dan Tenggara, Tolikara bagian Utara dan Timur Laut, Waropen bagian Tenggara, Jayawijaya bagian Timur Laut dan Merauke. Pada musim hujan potensi kejadian hujan lebat akan mengalami peningkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *