BERITA UTAMAMIMIKA

Benarkah di Timika Ada Eksploitasi Pekerja Anak Lewat Bisnis “Jasa Tutup Karton”, Faktanya Bikin Miris

cropped cnthijau.png
6
×

Benarkah di Timika Ada Eksploitasi Pekerja Anak Lewat Bisnis “Jasa Tutup Karton”, Faktanya Bikin Miris

Share this article
Para bocah jasa penutup motor menggunakan karton di jalan Yos Sudarso Timika
Para bocah jasa penutup motor menggunakan karton di jalan Yos Sudarso Timika

Menangapi postingan tersebut, akun Zeanlova Enggo secara tegas menghujat orang tua anak-anak tersebut yang secara menyuruh mereka bekerja. “Anak2 itu, mereka disuruh orang tua tuk cari uang, nti tanya kasir di toko mereka tau, orang tuanya sering datng,” ujarnya.

Hal itu diamini oleh akun Sari Dri yang pernah bekerja di sekitar tempat anak-anak tersebut menawarkan jasanya. “Iya betul sekali…Saya pernah kerja disitu.. dan orang tua tau anaknya profesinya begitu,” tulisnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Akun Jefry Ermanto mengungkapkan, anak-anak yang menawarkan jasa tutup karton tersebut ada orang tuanya dan bukan anak terlantar. “Anak2 itu ada ortux, paling ortux yang suruh tu,” tulisnya.

Komentar pedas ditulis oleh akun Moksen Ngilyab yang menilai orang tua yang melakukan ekploitasi terhadap anak-anak tersebut tidak tahu diri. “Astaga naga…orang tua tdk tau diri dan malas mencari, harus anak itu dikasih sekolah kah..malah disuruh kerja kaya gitu,” komentarnya.

Terkait identitas dan kondisi anak-anak yang terlibat dalam bisnis jasa tutup karton tersebut juga diungkap oleh akun Endasja yang mengaku mengenal mereka.

“Anak-anak itu dulu kos di depan rumahku, orgtuanya tau mereka kerja bgitu, tapi orgtuanya bukan melarang mereka tapi malah suruh mereka kerja cari uang, miris skli saya kenal anak-anak itu. Harusnya mereka belajar di rumah, bermain sama teman-teman,” ujarnya dengan emoji sedih.

Akun Dangeubun Tingkey setuju dengan pendapat bahwa aktivitas anak-anak tersebut diketahui oleh orang tua mereka. “Anak “mau buat segala sesuatu pasti ada dukungan dari Orang Tua …. Dan klo anak sda lakukan pasti Orang tuaNya tidak tau diri karena apa shu tau umur mereka pastinya ada di bangku pendidikan dan kegiatan yang mereka lakukan pastinya belajar dan bermain. Bukan mau cari uang,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *