BERITA UTAMAMIMIKA

Jakarta : Sentra Kelautan Mimika Bisa Jadi Episentrum Perikanan Papua

pngtree vector tick icon png image 1025736
9
×

Jakarta : Sentra Kelautan Mimika Bisa Jadi Episentrum Perikanan Papua

Share this article

Ia juga mengungkapkan bahwa pada 2020, meski dalam situasi pandemi, SKPT Mimika sebanyak 79 kali melakukan ekspor langsung komoditas perikanan. Komoditas yang diekspor ialah kepiting hidup yang dikirim ke Malaysia sebanyak 78.760 ekor dan 1.388 ekor diekspor ke Singapura.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy, menyebutkan bahwa meningkatnya produksi ikan di SKPT Mimika tak lepas dari semakin banyaknya kapal perikanan yang berlabuh.

ads

Leentje Siwabessy memaparkan, selama 2020 jumlah kapal perikanan yang berlabuh di PPI Paomako sebanyak 1.053 kapal yang terdiri dari kapal penangkap ikan sebanyak 980 unit dan sisanya 73 unit berupa kapal penampung.

“Banyaknya kapal yang berlabuh disini tak lain karena semakin lengkapnya sarana dan prasarana yang tersedia di SKPT Mimika. Hal inilah yang menjadi daya tarik kapal kapal untuk berlabuh disini,” kata Leentje.

Leentje menambahkan, pada 2020 Dinas Perikanan Kabupaten Mimika telah membangun pasar ikan mama mama “IWARO” yang pedagangnya mayoritas merupakan istri dari nelayan setempat.

Guna membantu pengelolaan SKPT Mimika, Ditjen PDSPKP selama ini telah menyerahkan bantuan 1 unit cold storage atau gudang beku berkapasitas 100 ton, 1 unit cold storage 200 ton, 23 kapal penangkap ikan bermesin <3 GT, 1 unit mobil crane , 1 unit mobil berpendingin dan dermaga apung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *