BERITA UTAMAMIMIKA

Wagub Klemen Launching Ekspor Karaka Timika ke Malaysia, Pemkab Mimika Dapat Stimulus Dana Rp 5 Miliar

cropped cnthijau.png
3
×

Wagub Klemen Launching Ekspor Karaka Timika ke Malaysia, Pemkab Mimika Dapat Stimulus Dana Rp 5 Miliar

Share this article
Wagub Papua Klemen Tinal didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob, Sekda Michael Gomar, melaunching pengiriman karaka ke Malaysia.
Wagub Papua Klemen Tinal didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob, Sekda Michael Gomar, melaunching pengiriman karaka ke Malaysia.

Wagub Klemen yakin di Timika ada banyak orang pintar. Wakil bupati dan Sekda bersama staf diharapkan bisa membangkitkan ekonomi yang saat ini sedang terpuruk.

“Di Papua masih baik, tapi daerah lain jauh lebih susah dengan adanya pandemi ini,” ungkapnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan sebetulnya Timika mengekspor sejak tahun 2016 lalu tapi terhenti karena urusan karantina, bea cukai dan lain-lain.

Pada tahun 2019 Timika kembali mengekspor, dan awal tahun 2021 Pemkab melaunching dengan mengundang Wakil Gubernur agar bisa memberi dukungan sehingga hal ini tidak terputus.

Wagub sebagai anak Mimika diharapkan terus mendorong Pemkab, pengusaha dan warga agar tetap bersemangat dengan usaha ini.

“Produksi terus ditingkatkan dan ekspor juga terus ditingkatkan.
Terima kasih kepada Wagub yang telah memberi bantuan stimulan dana sebesar Rp 5 miliar untuk menggerakkan potensi di wilayah ini. Kedepan diharapkan dukungan dari Bank Indonesia, OJK, dan perbankan di Timika terhadap potensi usaha di wilayah pesisir dan pegunungan. Juga dari Bea Cukai dan Karantina agar hasil laut dari Mimika bisa tembus pasar dunia,” harap Wabup JR.

Kepala Bank Indonesia wilayah Papua, Sinaga, mengatakan ekspor Papua cukup tinggi. Kali ini di Timika dengan produk ekspor kepiting menggunakan Garuda Indonesia melalui Jakarta.

“Sebentar malam jam sembilan kepiting ini sudah tiba di Malaysia,” pungkasnya.

Selain itu juga untuk pasar ikan terbuka untuk Jepang terlebih ikan tuna. Rencananya, Garuda akan membuka rute Manado Narita (Jepang).

“Jadi potensi tuna di perairan Indonesia Timur termasuk di Papua sangat besar. Pemprov dan Pemkab Mimika dapat memanfaatkan kesempatan ini agar menjadi potensi andalan kedepan,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Mimika Michael Gomar, Kadisperindag Provinsi.Papua Ir Omah Laduane Ladamai, MSi, beberapa pejabat provinsi, serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Mimika.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *