BERITA UTAMAMIMIKA

Gambaran Singkat Rangkaian Pekan Suci Paskah Bagi Umat Kristiani

pngtree vector tick icon png image 1025736
16
×

Gambaran Singkat Rangkaian Pekan Suci Paskah Bagi Umat Kristiani

Share this article
20210402 065717
Drama penyaliban Yesus

#Jumat Agung
Umat Kristen melakukan prosesi jalan salib yang dilakukan pada Jumat Agung untuk menghayati masa-masa penderitaan Yesussampai akhirnya wafat disalib.

Misa Jumat Agung berbeda dengan misa Kamis Putih. Misa Jumat Agung lebih berfokus dengan mengenang wafat dan penderitaan Yesus di kayu salib.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Dalam misa Jumat Agung umumnya di banyak gereja terdapat drama penyaliban Yesus yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi penciuman kaki Yesus di kayu salib.

#Sabtu Suci
Baru-baru ini Vatikan menetapkan Sabtu Suci sebagai ‘Vigili Paskah’ atau upacara perayaan Ekaristi peristiwa terang.

Misa Sabtu Suci dijalankan dengan menyalakan lilin sebagai bentuk cahaya hati kudus Yesus yang menerangi dunia dengan cinta kasihnya. Sabtu Suci mengajak umat untuk berbahagia menanti kebangkitan Yesus.

#Minggu Paskah
Rangkaian pekan suci Paskah yang terakhir adalah Minggu Paskah. Minggu Paskah merupakan penggenapan peristiwa dalam Alkitab Perjanjian Lama seperti nubuat yang dikatakan Yesaya 53:7-8.

Misa pada minggu Paskah umumnya berjalan seperti misa Ekaristi mingguan hanya saja makna dari misa tersebut memiliki perbedaan.

Minggu Paskah merayakan kebangkitan Yesus yang bermakna pengampunan dan pemulihan dosa manusia agar manusia mendapat hidup kekal dan terbebas dari kematian kekal. (Disadur dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *