Uncategorized

Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

cropped cnthijau.png
191
×

Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

Share this article
Tanah papua bakal jadi 6 Provinsi
Tanah papua bakal jadi 6 Provinsi

“Selain itu semua tergantung kemampuan keuangan dan juga hasil daripada revisi ini,” kata Tito.

Berdasarkan paparan mantan Kapolri dihadapan DPR RI, Provinsi Papua Barat Daya akan terdiri enam kabupaten atau kota yaitu Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw, dan Kota Sorong.

ads

Kemudian Provinsi Papua Barat terbagi tujuh kabupaten yaitu Manokwari, Pengunungan Arfak, Mankowari Barat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Fak Fak, dan Kaimana.

Lalu Provinsi Papua Tengah terdiri enam kabupaten yaitu Paniyai, Degiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Mimika, dan Nabire.

Selanjutnya Provinsi Pegunungan Tengah terdiri sembilan kabupaten yaitu Jayawijaya, Yahukimo, Yalimo, Tolikara, Lanny Jaya, Membramo Tengah, Nduga, Puncak Jaya, dan Puncak.

Provinsi Papua Selatan terbagi menjadi lima kabupaten yakni Merauke, Asmat, Mappi, Bovendigoel, dan Pegunungan Bintang.

Sedangkan, Provinsi Papua Tabi Saireri akan terbagi menjadi sembilan kabupaten atau kota yakni Kota Jayapura, Jayapura, Keerom, Sarmi, Membramo Raya, Waropen, Kepulauan Yapen, Biak Numfor, serta Supiori.

Tito juga menginginkan pemerintah pusat bisa memutuskan pemekaran wilayah Papua tanpa harus melalui persetujuan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Maksud dari opsi itu lanjutnya, untuk memenuhi misi pemerintah pusat dalam rangka percepatan pembangunan dan meningkatkan layanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Namun demikian, opsi tersebut nantinya tetap akan memperhatikan kesatuan sosial budaya, adat, kesiapan SDM, kemampuan ekonomi, perkembangan di masa mendatang, serta aspirasi masyarakat Papua melalui MRP dan DPRP serta pihak-pihak lain yang terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *