Uncategorized

Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

cropped cnthijau.png
191
×

Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

Share this article
Tanah papua bakal jadi 6 Provinsi
Tanah papua bakal jadi 6 Provinsi

“Kenapa opsi ini disampaikan, karena selama ini pemekaran yang harus mendapat persetujuan MRP dan DPRP sering terhambat. Sedangkan aspirasi pemekaran itu cukup tinggi kita rasakan,” ujar Tito.

Selain pemekaran di Papua, Pemerintah Pusat saat ini juga tengah merencanakan pemekaran di Provinsi Sumatera Utara yaitu Provinsi Tapanuli yang terdiri dari Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir , Humbang Hasundutan dan Sibolga.

ads

Selanjutnya, Provinsi Kepulauan Nias yang terdiri dari Nias Utara, Nias Barat, Nias, Nias Selatan dan Gunungsitoli.

Pembentukan daerah administrasi baru Provinsi Pulau Sumbawa akan meliputi wilayah Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Dompu dan Bima.

Sementara satu daerah administrasi baru akan dibentuk di Pulau Kalimantan yaitu Provinsi Kapuas Raya yang meliputi daerah Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi.

Provinsi Sulawesi Utara juga akan dimekarkan kembali, setelah sebelumnya melepas wilayah Gorontalo menjadi provinsi terpisah.

Pemerintah kembali membentuk daerah administrasi baru di wilayah itu yaitu Provinsi Bolaang Mongondow yang terdiri dari Bolmong, Bolmong utara, Bolmong Selatan, Bolmong Timur dan Kotamobagu.(mas/CN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *