BERITA UTAMANASIONAL

Umat Muslim Timika Gelar Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

cropped cnthijau.png
7
×

Umat Muslim Timika Gelar Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Share this article
Ziarah makam memasuki bulan ramadhan di timika
Ziarah makam memasuki bulan ramadhan di timika

Kemudian Rasulullah menyuruh sahabat untuk mengambil pelepah kurma, kemudian membelahnya menjadi dua bagian dan meletakkannya pada masing-masing kuburan tersebut. Para sahabat lalu bertanya, kenapa engkau melakukan hal ini ya Rasul?. Rasulullah menjawab: Semoga Allah meringankan siksa kedua orang tersebut selama dua pelepah kurma ini belum kering. (HR. Bukhari)

Ada ulama yang memperbolehkan peziarah kubur untuk meletakkan pelepah kurma atau bunga sebagai penggantinya dengan harapan tasbih dari tumbuhan ini meringankan derita ahli kubur.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Adab Ziarah Kubur: 

Pertama, luruskan niat dan tujuan ziarah kubur. Tujuan ziarah kubur di antaranya, 

  1. Mengingat Kematian
    Dari Abu Hurairah berkata: “Nabi berziarah ke makam ibunya, lalu beliau menangis dan membuat orang-orang di sekitar beliau juga menangis. Lalu beliau bersabda: “Aku meminta izin kepada Tuhanku untuk memohonkan ampunan bagi ibuku, tetapi 

Tuhan tidak memberiku izin. Dan aku meminta izin untuk berziarah ke makamnya, lalu aku diberi izin. Lakukanlah ziarah kubur, karena demikian itu dapat mengingatkan pada kematian. (HR. Muslim)

Hadist ini menunjukkan wujud bakti kepada orang tua sekalipun sudah tiada, yakni dengan menziarahi kuburnya. Melalui hadist ini pula difahami oleh para ulama tentang kebolehan menziarahi kubur orang non-muslim.

Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda: “Berziarahlah kalian ke kuburan, karena sesungguhnya hal itu dapat mengingatkan kalian pada kehidupan akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

Dari lafadz hadist ini bisa dipahami bahwa ziarah kubur bertujuan untuk mengingatkan kita kepada kehidupan akhirat, yang dengan demikian kita termotivasi untuk mempersiapkan bekal-bekal penting selama di dunia. Tentunya hal ini diperbolehkan dalam agama, karena dunia ini hanya sementara dan merupakan tempat mengumpulkan amalan shaleh untuk bekal di akhirat kelak.

  1. Mendoakan Kebaikan
    Sebagaimana disebutkan pula dalam hadist sebelumnya tentang kebolehan mendoakan ahli kubur dengan doa-doa yang baik, bahkan Rasulullah SAW sendiri mengajarkan kepada Aisyah tentang redaksi doanya. Hal ini tentunya bisa menjadi motivasi bagi setiap orang untuk melakukan ziarah kubur.
  2. Motivasi Diri Memperbanyak Amal Baik 
    Banyak hal-hal yang hukumnya sunnah yang Rasulullah SAW ajarkan kepada umatnya, dan ziarah kubur adalah salah sat dari sekian banyak amalan sunnah yang mudah untuk
  3. dilakukan bahkan dipercaya mampu memberi keberkahan bagi kedua belah pihak, baik yang berziarah atau kepada mayit yang diziarahi. 

Kedua, mengucapkan salam kepada ahli kubur.

Ketiga, tidak memakai alas kaki di sekitar pemakaman.

Keempat, mendoakan ahli kubur. Ada banyak doa-doa yang dapat dibaca selama ziarah. Di antaranya, ayat suci Alquran, shalawat, doa tahlil dan zikir.

Kelima, tidak mengucapkan ucapan buruk. Keenam, boleh menangis tetapi tidak boleh meratapi.

Terakhir, tidak boleh duduk di atas kuburan. ****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *