BERITA UTAMAMIMIKA

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

cropped cnthijau.png
29
×

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

Share this article
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.

Selain Kelly Kwalik, TPNPB-OPM juga memiliki satu “Jenderal” yang legendaris

Lelaki brewok ini semakin terkenal secara nasional dan bahkan internasional karena dituduh terlibat atau memerintahkan penyerangan di kawasan tambang PT Freeport Indonesia pada Tahun 2002 lalu.

Dalam peristiwa yang dikenal sebagai Penembakan Mile 61-62 yang terjadi pada 31 Agustus 2002 tersebut, anak buah Kelly Kwalik berhasil menewaskan dua warga Amerika masing-masing Ricky Lynn Spier, 44 tahun, asal Littleton Colo, dan Leon Edwin Burgon, 71 tahun, asal Sun River Ore serta satu orang warga negara Indonesia bernama SS Bambang Riwanto.

ads

Sementara dari kelompok TPNPB-OPM yang melakukan penyerangan timbul satu korban yang identitasnya hingga kini belum terungkap.

Mr X yang kemudian menjadi nama yang tertulis di nisan anak buah Kelly Kwalik tersebut dikuburkan di Pekuburan Umum SP 2 Timika Jaya.

Selain Kelly Kwalik, TPNPB-OPM juga memiliki satu “Jenderal” yang legendaris terutama di Wilayah Perbatasan RI-PNG yang berada di Wilayah Kabupaten Keerom.

Di wilayah ini diketahui tinggal satu panglima Tentara Pembebaan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) bernama Lambert Pekikir.

Kemudian ada Egianus Kogoya yang secara aktif melakukan aksi penembakan sepanjang 2019.

Egianus merupakan pimpinan KKB yang melakukan aksinya di wilayah Nduga dan saat ini diduga bersembunyi di hutan wilayah Kuyuwage, Kabupaten Lanny Jaya.

Ada juga sosok Goliath Tabuni, Panglima Tinggi TPNPB-OPM yang dikenal sadis saat melakukan aksi teror.

Goliath Tabuni bahkan dilaporkan tak tanggung-tanggung menembak mati hingga mutilasi warga.

Goliath Tabuni sendiri dari struktur organisasi merupakan atasan dari Pimpinan KKB Papua Puncak Jaya atau Kabupaten Puncak, Lekagak Telenggen

Dan masih banyak lagi pimpinan aksi militer OPM yang dikenal cukup lihai menghindar dari kejaran aparat serta secara aktif terus melakukan gangguan Kamtibmas di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *