BERITA UTAMAMIMIKA

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

cropped cnthijau.png
31
×

Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

Share this article
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.

Kelompok gabungan ini juga diketahui melakukan penyerangan pada Maret 2020 di Wilayah Tembagapura yang membuat ribuan warga dari Kampung Banti I dan Kampung Banti II (Kimbeli) serta Kampung Opitawak mengungsi

Dalam serangan pada 17 Desember 2019 sekitar pukul 15.30 WIT itu, kelompok Lekagak menewaskan Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan melukai Serda Rizky yang tergabung dalam satgas penegakan hukum.

Selain aparat TNI-Polri, Lekagak Telenggen Cs pada Rabu, 14 Agustus 2021 lalu juga diduga menembak mati seorang tukang ojek bernama Daeng Udin di Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

ads

Dan yang paling membuat heboh, dari informasi yang diketahui fajarpapua.com, Kelompok Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen ini juga sering bergabung dengan “Kelompok Kali Kopi” pimpinan Joni Botak dan Hengky Wanmang untuk menyerang wilayah Kabupaten Mimika.

Gabungan kelompok Lekagak Telenggen dan Joni Botak ini diduga secara bersams-sama menyerang Kompleks Perkantoran (Office Building/OB) PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana pada pada Senin, 30 Maret 2020 yang menewaskan Graeme Thomas Weal, 57 tahun, warga negara New Zeland.

Kelompok gabungan ini juga diketahui melakukan penyerangan pada Maret 2020 di Wilayah Tembagapura yang membuat ribuan warga dari Kampung Banti I dan Kampung Banti II (Kimbeli) serta Kampung Opitawak mengungsi.

Selain catatan diatas, Lekagak Telenggen Cs diduga juga terlibat secara langsung atau tidak langsung yang turut menewaskan aparat keamanan, warga sipil, guru,petugas medis maupun warga asli Papua disejumlah wilayah terutama di pegunungan Papua.

Aksi-aksi brutal dan sadis inilah yang membuat Lekagak Telenggen dihormati dan disanjung oleh para pengikutnya serta diyakini sebagai sosok yang memiliki “kesaktian” sehingga tetap eksis dalam memimpin aksi militer OPM hingga kini. ***

Ditulis Oleh : Mustofa
(Dinukil dan disarikan dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *