MIMIKA

BumDes Nawaripi Kembangkan Usaha Pariwisata, Air Bersih dan Bank Sampah

cropped cnthijau.png
14
×

BumDes Nawaripi Kembangkan Usaha Pariwisata, Air Bersih dan Bank Sampah

Share this article
Norman Ditubun, Kepala Kampung Nawaripi
Norman Ditubun, Kepala Kampung Nawaripi

“Sebetulnya sudah ada program dari Keuskupan Timika untuk pembudidayaan ikan. Namun hanya satu kali panen saja sudah itu tidak berjalan lagi karena kendala kemampuan SDM,” ujarnya.

Selain pariwisata air ujar Norman, BumDes Kampung Nawaripi juga akan mengembangkan usaha air bersih layak kosumsi.

.”Untuk air bersih, BumDes Nawaripi akan menjual hanya untuk Warga Kampung Nawaripi saja dengan harga 4.000 rupiah per galon,” lanjutnya.

ads

Sedang untuk Bank Sampah Nawaripi katanya, pengelolaannya akan bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Mimika.

“Untuk Bank Sampah, warga bisa mengumpulkan sampah yang punya nilai ekonomi seperti botol bekas nanti dibeli oleh bank samoah. Sampah ini lalu kita bawa ke BLH Mimika untuk disortir lalu kirim ke Jawa. Nantinya dana hasil penjualan itu masuk kas desa,” ungkapnya.

Norman menjelaskan untuk Tahun 2021, Kampung Nawaripi juga akan mendirikan BLK. Adapun untuk program latihan meliputi bidang otomotif, mengemudi, pertanian, dan peternakan.

“Kita arahkan warga yang bersedia untuk mengikuti pelatihan sesuai minat dan bakatnya. Contohnya peternakan, sehingga nanti kalau dikasih bibit ikan bisa dikembangkan,” jelasnya.

Untuk pasar sendiri Norman menjelaskan, untuk hasil budidaya ikan nantinya akan dijual ke BUMdes Nawaripi. “Nanti BUMdes yang jual ke rumah makan, biar ada perputaran ekonomi yang baik di Kampung Nawaripi,” jelasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *