BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Tokoh Kamoro Pertanyakan Sikap Diam Bupati yang Dinilai “Abaikan” Laporan Kadistrik Terkait Terpuruknya Pendidikan

pngtree vector tick icon png image 1025736
21
×

Tokoh Kamoro Pertanyakan Sikap Diam Bupati yang Dinilai “Abaikan” Laporan Kadistrik Terkait Terpuruknya Pendidikan

Share this article
Tampak bangunan SD Inpres Aikawapuka
Tampak bangunan SD Inpres Aikawapuka

“Sejarah pendidikan di Mimika sebetulnya sudah cukup panjang, dimulai sekitar era 1930-an bersamaan dengan hadirnya misi Gereja Katolik di wilyah pesisir Mimika yang berpusat di Kokonao yang sekarang menjadi Ibu kota Distrik Mimika Barat. Pada era terdahulu Mimika dikenal sebagai penghasil dan pemasok tenaga guru ke berbagai tempat di wilayah Papua. Pola pendidikan di zaman kolonial Belanda hingga era 1970-an berbasis asrama dengan disiplin yang ketat menjadikan generasi muda Suku Amungme dan Kamoro saat itu banyak menjadi orang sukses,” tukasnya.

Namun sejak beberapa waktu belakangan, kualitas pendidikan malah merosot tajam. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang seharusnya menjadi leading sektor dalam memainkan peran penting untuk dapat memperbaiki kualitas pendidikan di wilayah pedalaman Mimika malah lebih banyak menciptakan sensasi.

ads

“Yang terjadi justru sebaliknya, malah Dinas Pendidikan melihat sekolah-sekolah yayasan keagamaan seperti YPPK, YPK, YPPGI, Yayasan Advent, Yapis dan lain-lain itu sebagai pesaing, bahkan dianggap sebagai musuh. Ini kan sudah tidak benar. Seharusnya lembaga pendidikan yang dikelola yayasan-yayasan swasta keagamaan itu diayomi dan dirangkul untuk bersama-sama membangun dan mencerdaskan generasi muda bangsa,” kata Leonardus yang saat ini bekerja di Kantor PT Freeport Indonesia Kuala Kencana itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *