BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Catatan Singkat Klemen Tinal, Sang Maestro Politik Papua yang Selalu Membumi

pngtree vector tick icon png image 1025736
41
×

Catatan Singkat Klemen Tinal, Sang Maestro Politik Papua yang Selalu Membumi

Share this article
Almarhum Klemen Tinal
Almarhum Klemen Tinal

Sehingga meski pada akhirnya tidak berlanjut, dimasa menjadi Bupati Mimika, almarhum juga mendukung diselenggarakannya Festival Kamoro Kakuru di Kampung Logpon.

Selain itu juga mendukung digelarnya misi kebudayaan baik yang digelar di Indonesia maupun kesejumlah negara di luar negeri untuk mengenalkan Budaya Asli Mimika kepada khalayak ramai.

ads

Dengan segala prestasi yang ditorehkan selama memimpin Kabupaten Mimika selama dua periode itulah, kemudian nama almarhum pada Tahun 2013 lalu menjadi salahsatu kandidat yang kuat untuk bertarung melawan Barnabas Suebu dalam kontestasi Pilkada Provinsi Papua.

Namun dengan berbagai pertimbangan, almarhum yang juga dikenal sebagai salahsatu Maestro Politik di Papua memilih untuk menjadi kandidat Wakil Gubernur Papua mendampingi Lukas Enembe.

Hasilnya, pasangan yang maju dengan jargon Lukmen tersebut melenggang mulus dan memenangi Kontestasi Pilkada Provinsi Papua dan menjadi pasangan Gubernur serta Wakil Gubernur Provinsi Papua periode 2013-2018.

Demikian juga pada periode berikutnya, pada Pilkada Provinsi Papua Tahun 2018, Lukas Enembe tetap menunjuk Almarhum KT sebagai wakilnya.

Dan lagi-lagi, incumben Lukmen Part II juga memenangi Pilkada Provinsi Papua saat berhadapan dengan Pasangan John Wempy Watipo – Almarhum Habel Melkias Suwae.

Dengan posisinya sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua selama dua periode tersebut, Almarhum KT juga digadang-gadang sebagai kandidat terkuat untuk memimpin Papua kedepannya.

Bahkan untuk mempersiapkan Almarhum KT maju pada Pilkada Provinsi Papua Tahun 2023 mendatang sejumlah komponen masyarakat telah menyatakan dukungannya termasuk tentunya Partai Golongan Karya yang akan menjadi perahu politik utama.

Namun kabar wafatnya Almarhum KT yang tiba-tiba tidak hanya membuat kaget, sedih dan bahkan terenyuh bagi masyarakat Papua dan Kabupaten Mimika khususnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *