BERITA UTAMAMIMIKA

Jadi Bupati Dalam Usia Paling Muda 30 Tahun, Wilhelmus : Klemen Tinal Berjasa Besar Bangun Mimika

cropped cnthijau.png
18
×

Jadi Bupati Dalam Usia Paling Muda 30 Tahun, Wilhelmus : Klemen Tinal Berjasa Besar Bangun Mimika

Share this article
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)

Selain itu, pembangunan RSUD Tipe C Kabupaten Mimika, Sentra Pendidikan Mimika mulai dari SD-SMA untuk menampung putra-putri asli Suku Amungme dan Kamoro serta suku-suku asli Papua lainnya, pembangunan Kantor Pusat Pemerintahan di SP3, pembebasan lahan Bandara Mozes Kilangin, penataan wajah Kota Timika dan lainnya.

Tidak itu saja, di bidang keagamaan, Pemkab Mimika dibawah kepemimpinan Klemen Tinal sangat mendukung pembangunan berbagai rumah ibadah baik kalangan umat kristiani maupun Islam, seperti pembangunan Gereja Katedral Tiga Raja Timika yang diresmikan pada 2010, pembangunan Masjid Agung Babussalam Timika dan ratusan rumah ibadah lainnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Ada begitu banyak karya yang telah beliau tinggalkan untuk Mimika maupun bagi Papua. Jasa dan kontribusi beliau sangat besar walaupun pada saat itu kami memulainya dengan anggaran yang sangat kecil. Tidak seperti sekarang dimana Mimika merupakan daerah dengan anggaran terbesar di Provinsi Papua,” kata Wilhelmus.

Selama kepemimpinnya sebagai Bupati Mimika dan kemudian menjadi Wagub Papua mendampingi Gubernur Lukas Enembe sejak 2013 hingga 2021, Klemen Tinal dinilai mampu bekerja sama dengan semua pihak baik kalangan DPRD, instansi vertikal maupun komponen masyarakat lainnya.

“Beliau sangat kooperatif dengan siapa saja. Beliau selalu terbuka, mendengar semua saran, masukan dari semua komponen. Selama menjadi Wagub Papua, hubungan beliau dengan Pak Lukas Enembe sangat bagus dalam mendukung apa yang menjadi program bersama dalam membangun Papua,” ujar Wilhelmus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *