BERITA UTAMAMIMIKA

Jadi Bupati Dalam Usia Paling Muda 30 Tahun, Wilhelmus : Klemen Tinal Berjasa Besar Bangun Mimika

cropped cnthijau.png
18
×

Jadi Bupati Dalam Usia Paling Muda 30 Tahun, Wilhelmus : Klemen Tinal Berjasa Besar Bangun Mimika

Share this article
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)
Alm Klemen Tinal (kiri) dan Wilhelmus Pigai (kanan)

Atas semua kinerja dan keteladanan yang diberikan oleh Klemen Tinal semasa hidupnya baik sebagai pejabat di tingkat Kabupaten Mimika maupun di tingkat Provinsi Papua, Wilhelmus menilai bahwa Papua sangat kehilangan putra terbaiknya itu.

Wilhelmus berharap apa yang telah diwariskan oleh Klemen Tinal bisa terus dilanjutkan oleh generasi-generasi muda Papua berikutnya.

ads

Semasa aktif kuliah di Jakarta dan Bandung hingga kembali ke Timika, Wilhelmus bersama Klemen Tinal membentuk sebuah organisasi bernama Amungme Student Development Club (ASDC).

Catatan Singkat Klemen Tinal, Sang Maestro Politik Papua yang Selalu Membumi(Opens in a new browser tab)

Melalui wadah tersebut, kedua sahabat ini melakukan kerja sama dengan sejumlah kementerian untuk mengirim putra-putri Mimika melanjutkan studi ke beberapa perguruan tinggi, salah satunya yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Bandung dengan biaya sepenuhnya ditanggung negara.

Tidak itu saja, Wilhelmus dan Klemen Tinal juga menjalin komunikasi dengan Danjen Kopassus pada saat itu Mayjen TNI Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan untuk mendata dan mengirim beberapa putra asli Suku Amungme dan Kamoro untuk dididik dan dilatih menjadi prajurit Kopassus, pasukan elit TNI AD.(ant/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *