BERITA UTAMAMIMIKA

Warga Mimika Ingat Yah… Gerhana Bulan Total Malam Ini Bisa Disaksikan Pukul 20.18 WIT, Ini yang akan Terjadi

cropped cnthijau.png
4
×

Warga Mimika Ingat Yah… Gerhana Bulan Total Malam Ini Bisa Disaksikan Pukul 20.18 WIT, Ini yang akan Terjadi

Share this article
Gerhana bulan total
Gerhana bulan total

Di mana dan kapan gerhana bulan total dapat dilihat?

Fenomena ini akan terlihat terutama dari Australia, Asia Timur, pulau-pulau di Pasifik, dan Amerika Barat. Orang-orang di Pantai Barat Amerika Serikat, dari California Selatan hingga Negara Bagian Washington, dapat melihatnya dimulai sekitar pukul 1.47 pagi waktu Pasifik pada 26 Mei.

Di Indonesia, puncak gerhana terjadi pada pukul 18.18.43 WIB atau 19.43.18 WITA atau 20.43.18 WIT dengan jarak 357.464 kilometer dari bumi.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Pada awalnya bulan hanya akan memasuki bayangan terluar bumi yang disebut penumbra. Setiap perubahan pada permukaan bulan akan menjadi halus pada awalnya, kata Dr. Krupp.

Setelah beberapa jam ke depan, bulan akan bergerak lebih dalam ke dalam bayangan, di mana bulan akan terlihat seolah-olah ada sesuatu yang menggigitnya. Selama fase ini, warnanya akan mulai berubah menjadi kemerahan. Ini akan dimulai sekitar pukul 2.45 pagi waktu Pasifik.

Pada pukul 4.11 pagi waktu Pasifik, bulan akan jatuh sepenuhnya di dalam bayangan payung bagian dalam bumi dan sepenuhnya akan menjadi merah tua yang dalam.

Keunikan orbit bulan menunjukkan bahwa gerhana total ini akan relatif singkat, berlangsung sekitar 14 menit dan berakhir pada 4.25 pagi waktu Pasifik. Beberapa gerhana bulan total berlangsung selama hampir satu jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *