BERITA UTAMAKESEHATANLIFESTYLE

Kanker Ovarium, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

cropped cnthijau.png
9
×

Kanker Ovarium, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Share this article
kanker ovarium ilustrasi
kanker ovarium ilustrasi

Ketika kanker sudah melewati stadium awal, gejala yang mungkin dirasakan adalah sakit punggung, kebiasaan buang air besar yang berubah serta rasa sakit ketika berhubungan intim.

“Kanker ovarium jarang ditemukan pada stadium awal karena berkembang secara tersembunyi dan hampir tidak bergejala. Bila timbul gejala klinis, umumnya merupakan akibat dari pertumbuhan, perkembangan, serta komplikasi yang sering timbul pada tingkat stadium lanjut,” jelas dia.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Inilah Fungsi Pare untuk Kanker dan Lainnya(Opens in a new browser tab)

Dia melanjutkan, ketika keadaan sudah pada stadium yang lanjut, kanker akan sulit untuk disembuhkan. Operasi dan kemoterapi adalah penanganan yang umum dilakukan untuk kanker ovarium. Setelah diobati, 80 persen pasien dengan kanker stadium 2-4 rentan mengalami kekambuhan atau rekurensi sebagian besar pada dua tahun pertama. Setelah lima tahun monitoring berkala, bila tidak ada keluhan pasien tak perlu memeriksakan diri lagi.

Maka, fokus saat ini adalah deteksi, diagnosis serta terapi dini.

“Pada kanker ovarium stadium awal, di mana penyakit ini masih terbatas di ovarium, penanganan dan pengobatan memiliki kemungkinan besar untuk berhasil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *