BERITA UTAMAMIMIKA

Litoria Lubisi Spesies Katak Baru yang Ditemukan di Area PT Freeport Indonesia

cropped cnthijau.png
73
×

Litoria Lubisi Spesies Katak Baru yang Ditemukan di Area PT Freeport Indonesia

Share this article
Litoria Lubisi Spesies Katak Baru
Litoria Lubisi Spesies Katak Baru

Penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh tim peneliti LIPI, yaitu Mumpuni, Hellen Kurniati, dan Evy Arida.

Setelah melalui penelitian selama 15 tahun, akhirnya tim peneliti dapat mengonfirmasi bahwa spesies yang diteliti merupakan spesies baru yang belum pernah dicatat dalam silsilah taksonomi.

Penelitian ini memakan waktu yang cukup lama melalui beberapa tahap identifikasi dan verifikasi. Hasil penemuan ini pun telah dicatat dan dipublikasikan dalam jurnal internasional Zoo Taxa yang sekaligus mengkonfirmasi sebagai spesies baru.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Alasan Pemberian Nama 2 Spesies Kepiting Baru yang Ditemukan di Area Kerja PT Freeport(Opens in a new browser tab)

“Salah satu tantangan utama kami dalam melakukan penelitian ini adalah medan yang cukup sulit. Kami berterima kasih kepada PT Freeport Indonesia yang telah membantu kami menyelesaikan penelitian ini dengan memberi dukungan fasilitas selama penelitian dilaksanakan. Ke depannya, kami berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan PTFI untuk terus menyibak kekayaan alam yang ada di Papua dan memajukan ilmu pengetahuan di Indonesia,” ujar Burhan Tjaturadi, peneliti independen yang terlibat dalam penelitian ini.

Environmental Senior Manager PTFI Gesang Setyadi menyampaikan bahwa penemuan spesies baru ini sekali lagi menunjukkan keanekaragaman hayati di area kerja PTFI.

“Area kerja PTFI masih menyimpan potensi kekayaan flora dan fauna yang belum dapat dipelajari secara menyeluruh. Untuk itu, PTFI selalu menjalankan kebijakan lingkungan yang salah satunya adalah berkontribusi dalam konservasi keanekaragaman hayati. Oleh karena itu kami selalu bekerja sama dengan berbagai pihak dalam berbagai upaya konservasi dan keanekaragaman hayati, khususnya di area kerja PTFI,“ kata Gesang.

Lindungi Anjing Bernyanyi di Pegunungan Papua, PTFI Dukung Penelitian UNCEN(Opens in a new browser tab)

Penelitian dan pemantauan keanekaragaman hayati PTFI tidak terbatas untuk suatu lembaga tertentu saja, namun juga melibatkan banyak pihak lain, seperti lembaga pendidikan, kantor Konservasi Sumber Daya Alam, badan penelitian, museum, ataupun peneliti mandiri.

Sebagai contoh, selain bermitra dengan LIPI, PTFI juga secara rutin berkolaborasi dengan Natural History Museum of United Kingdom (NHMUK), South Australian Masters Athletics (SAMA) of Adelaide, dan University of Papua New Guinea (UPNG). Hal ini dilakukan untuk memperkaya khazanah keanekaragaman hayati di tanah Papua.

PTFI akan terus berupaya merealisasikan komitmen untuk berkontribusi terhadap lingkungan melalui program pelestarian dan perlindungan alam, maupun mendukung berbagai program kegiatan penelitian yang dapat menguak kekayaan keanekaragaman hayati yang ada di Papua,” tutup Gesang. (ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *