BERITA UTAMAMIMIKATRAVEL

Baliem Waga-Waga, Wisata Alam Dengan Konsep Kearifan Lokal, Andalan Baru Pariwisata Mimika

cropped cnthijau.png
5
×

Baliem Waga-Waga, Wisata Alam Dengan Konsep Kearifan Lokal, Andalan Baru Pariwisata Mimika

Share this article
Pembukaan wisata alam baliem waga waga
Pembukaan wisata alam baliem waga waga

Dandim Yoga mengungkapkan, lokasi wisata Baliem Waga-Waga dulunya, adalah wilayah semak belukar.

Namun berkat upaya Penius Kogoya dan anggota kelompok usaha Baptis Mandiri Papua saat ini bisa terbentang lokasi yang asri dan nyaman.

ads

“Untuk merelokasi tempat yang dulunya ada deretan kandang ternak mereka meminjam dana di BRI Timika. Kandang ternak digeser kedalam dan aliran sungai kecil diperlebar sehingga terbentuklah lokasi wisata ini,” terang Dandim Yoga.

Secara administrasi lanjutnya, pengelolaan lokasi wisata tersebut memang masih perlu bimbingan dari pihak terkait.

“Untuk bersama memajukan pariwisata yang sudah ada ini, menurut pandangan saya, harus ada peran dari Pemda Mimika misalnya dalam hal pengawasan serta pembinaan UMKM,” jelas Dandim Yoga.

Menurutnya wisata alam Baliem Waga-Waga ini sangat potensial sebagai destinasi wisata alam unggulan untuk dikembangkan.

Hal ini jika melihat dari capaian retribusi yang berhasil dihimpun dalam seminggu yang bisa mencapai angka diatas 7 juta rupiah.

Sementara itu Ketua Kelompok Usaha Baptis Mandiri Papua, Panius Kogoya menambahkan semua yang dilakukan pihaknya adalah upaya memberi manfaat dan kesejahteraan bagi warga sekitar.

“Kami berupaya membuat ini untuk kesejahteraan masyarakat sekitar tanpa minta bantuan, semua kami lakukan atas dasar swadaya masyarakat dan peran mama-mama punya hasil. Kami mengharapkan agar semua ikut mengelola dengan baik dan menjaga,” tambah Panius.

Menurutnya untuk membuat wisata lebih baik dan bagus diperlukan waktu yang lama dan pandangan serta dukungan dari semua kalangan termasuk Pemda Kabupaten Mimika. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *