BERITA UTAMAMIMIKA

Kejaksaan Tinggi Papua Terima SPDP Kasus Korupsi Sentra Pendidikan Mimika

cropped cnthijau.png
13
×

Kejaksaan Tinggi Papua Terima SPDP Kasus Korupsi Sentra Pendidikan Mimika

Share this article
Alexander Sinuraya foto (atas) dan Sentra Pendidikan Mimika foto (bawah)
Alexander Sinuraya foto (atas) dan Sentra Pendidikan Mimika foto (bawah)

“Belum, kalau sudah ada info terbaru pasti kami informasi ke teman-teman media,” paparnya.

Proses hukum kasus korupsi pengelolaan dana Sentra Pendidikan di Kabupaten Mimika tahun anggaran 2019 seperti berjalan di tempat, bahkan terkesan tidak ada perkembangan selama beberapa bulan belakangan.

ads

Padahal sejak 8 Agustus 2020, Ditreskrimsus Polda Papua telah memerintahkan kasus tersebut ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Sentra Pendidikan Mimika yaitu sekolah berpola asrama, terdiri atas SD Negeri Sentra Pendidikan, SMP Negeri Sentra Pendidikan, dan SMA Negeri 5 Sentra Pendidikan beralamat di Jalan Poros Timika-SP5.

Sekolah ini dikhususkan untuk mendidik putra-putri asli dari berbagai suku di Kabupaten Mimika, yaitu Suku Amugme, Kamoro, dan lima suku kekerabatan lainnya.

Pada 2019, Sentra Pendidikan Kabupaten Mimika mendapat alokasi anggaran sebesar Rp14.183.983.592 untuk kegiatan belanja pengadaan makan minum siswa/siswi, guru, pamong asrama dan karyawan sentra pendidikan.

Inilah 6 Kasus Korupsi di Tubuh Pemda Mimika yang SPDP-nya “Mengendap” di Kejaksaan Timika(Opens in a new browser tab)

Alokasi anggaran tersebut adalah kegiatan/belanja untuk makan minum siswa/siswi, guru, pamong asrama, dan karyawan untuk Sentra Pendidikan Mimika yang terealisasi senilai Rp12.731.255.900 yang terdiri atas dua kontrak, yaitu Kontrak Nomor: 082/kontrak-JL/DP/2019 tanggal 26 November 2019 dengan nilai Rp8.056.673.900, dan Kontrak Nomor: 077/kontrak-JL/DP/2019 tanggal 2 September 2019 dengan nilai kontrak Rp4.674.582.000.

Penyidik menemukan adanya dugaan penyelewengan dana pada kegiatan/belanja makan siswa/siswi, guru, pamong asrama dan karyawan dengan potensi kerugian negara senilai lebih dari Rp 1 miliar.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *