BERITA UTAMAMIMIKA

Keuntungan Dobel, Wakil Bupati Mimika : Kita Coba Terapkan “Bank Sampah” di Timika

cropped cnthijau.png
11
×

Keuntungan Dobel, Wakil Bupati Mimika : Kita Coba Terapkan “Bank Sampah” di Timika

Share this article
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob di Bank Sampah Bantul
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob di Bank Sampah Bantul

“Bank sampah yang kumpulkan sampah-sampah dari masyarakat lalu dipilah, ada yang diserahkan ke pihak ketiga untuk dikelola. Bisa jadi kerajinan tangan, pupuk atau bahan bakar,” pungkas John Rettob.
“Bank sampah bisa dikelola oleh masyarakat di tingkat RT, Kelurahan atau Distrik. Bisa juga oleh pribadi dan badan hukum seperti koperasi. Masyarakat juga bisa menjadi pihak ke tiga dan bekerjasama dgn Bank sampah utk mengelola sampah”, lanjut R

Setelah jangka waktu tertentu setelah sampah sudah menghasilkan uang, dana yang terkumpul bisa langsung diambil oleh masyarakat, atau ditukar sembako, membeli pulsa, atau membayar listrik.

ads

“Saya kira kalau metode ini diterapkan sampah Timika yang bisa mencapai 250 ton sampai 300 ton perhari bisa berkurang sampai 50 persen. Masyarakat bisa tukar. Ada kategori plastik, kertas, besi, daun daun kering atau hidup, sampah dari rumput, organik dan anorganik,” ujarnya.

Hal berikut, sampah bisa dikelola menjadi pupuk atau bahan bakar dalam bentuk koperasi atau organisasi lain. Atau sampah bisa diekspor ke tempat lain.

Masyarakat Belum Sadar Soal Sampah, Lurah dan Perangkatnya Harus Lebih Berperan, Wabup JR : Kelurahan Otomona Sudah Baik(Opens in a new browser tab)

“Ini inovasi yang luar biasa. Orang bisa beda punya kepentingan.
Pertama, dia tidak mau daerahnya kotor jadi dia bawa ke bank sampah. Hal kedua sampah bisa jadi uang. Tentu ini jadi pendorong,” katanya.

Adapun efek yang ditimbulkan sampah bisa mengurangi pengangguran karena menciptakan lapangan kerja baru, menambah penghasilan masyarakat serta mengalihkan perhatian warga pada hal-hal positif. “Orang tidak sibuk lagi dengan urusan judi tapi pikir mending urus sampah karena bisa lebih pasti menghasilkan uang,” ujarnya.(frk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *