BERITA UTAMAEDITORIALMIMIKA

Jalan Budi Utomo Dijadikan Satu Arah, Opsi Penataan dan Regulasi Parkir Dikesampingkan?

cropped cnthijau.png
19
×

Jalan Budi Utomo Dijadikan Satu Arah, Opsi Penataan dan Regulasi Parkir Dikesampingkan?

Share this article
Parkir Ilustrasi
Parkir Ilustrasi

Pertama, titik penumpukan kendaraan terjadi di depan Diana Shopping Centre Timika yang memang hampir terjadi setiap saat.

Mengapa dititik ini terjadi penumpukan kendaraan? Hal itu terjadi karena area halaman pertokoan yang ada di kanan maupun kiri jalan dijadikan area parkir bahkan hingga kebahu jalan.

ads

Akibatnya badan jalan yang memang tidak selebar ruas Jalan Budi Utomo koridor Tugu Perdamaian Timika Indah hingga Perempatan Klinik di Jalan Hasanudin semakin sempit.

Kedua, penumpukan terjadi depan Kantor Pelayanan Satuan Lalulintas Polres Mimika hingga depan SMP Negeri 2 Timika.

Penumpukan yang terjadi di area ini karena, bahu jalan yang ada di depan Kantor Satlantas Polres Mimika selain dijadikan lokasi parkir petugas maupun warga yang mengurus administrasi mengemudi juga dijadikan tempat penyimpanan barang bukti kecelakaan lalulintas.

Selain itu pada waktu-waktu tertentu, juga terjadi penumpukan kendaraan karena aktivitas mengantar maupun menjemput siswa di SMP Negeri 2 Timika terutama pada pagi dan siang hari.

Ketiga, titik penumpukan terjadi di ruas jalan antara Depan Bank Central Asia Timika hingga Perempatan Jalan Kartini.

Problem yang menyebabkan terjadinya kemacetan di lokasi tersebut relatif sama dengan yang terjadi di depan Diana Shopping Centre.

Namun kemacetan di area ini menjadi sangat parah pada sore hari, karena selain area parkir yang terbatas sehingga pengguna kendaraan menggunakan bahu jalan juga diperparah dengan aktivitas pedagang kaki lima yang banyak diantaranya mengambil area trotoar dan bahu jalan

Keempat, penumpukan terjadi di area Perempatan Jalan Busiri terutama antara Kantor BRI Timika hingga Kantor Cabang CIMB Niaga terutama pada pagi dan sore hari.

Sekali lagi, problem yang menyebabkan terjadinya penumpukan kendaraan di ruas jalan ini karena penggunaan bahu jalan baik kanan maupun kiri sebagai lokasi parkir kendaraan.

Akibatnya terjadi penyempitan badan jalan dan akan menimbulkan kemacetan pada jam-jam tertentu terutama pada jam kerja maupun pulang kerja.

Artinya, sebenarnya ada opsi lain yang bisa dilakukan dinas terkait untuk mengatasi penumpukan kendaraan di Jalan Budi Utomo selain merubah alur menjadi jalan satu arah yaitu seperti dikatakan oleh Rico A yaitu melakukan pembenahan terhadap penataan dan regulasi parkir.

Untuk mengefektifkan penataan dan regulasi parkir, dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika harus menggandeng Satlantas Polres Mimika dan tentunya Satpol PP Kabupaten Mimika dalam hal penegakannya.

Mengapa, opsi tersebut tidak diambil dan dinas lebih memilih opsi merubah alur jalan menjadi satu arah? Jawabannya hanya diketahui oleh para pengambil kebijakan di instansi terkait dengan hal itu.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *