BERITA UTAMAEDITORIALMIMIKA

Mengukur Kedalaman Analisa Dinas Perhubungan Mimika, Dalam Keputusan Merubah Jalur Jalan Budi Utomo Menjadi Satu Arah

cropped cnthijau.png
18
×

Mengukur Kedalaman Analisa Dinas Perhubungan Mimika, Dalam Keputusan Merubah Jalur Jalan Budi Utomo Menjadi Satu Arah

Share this article
Jalan Budi Utomo Timika malam hari
Jalan Budi Utomo Timika malam hari

Artinya dari 6 faktor yang bisa dijadikan alasan untuk merubah jalan menjadi satu arah, hanya 2 faktor yang sudah dikaji sesuai keterangan diatas yaitu Kemacetan dan Volume Kendaraan.

Namun kedua faktor yang diklaim oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika tersebut sebenarnya tidak terlalu signifikan dan bisa dipatahkan.

ads

Hal ini dibuktikan fajarpapua.com saat melakukan penelusuran di Jalan Budi Utomo pada Selasa (29/6) pada pagi, siang, sore hingga malam hari.

Dari tiga waktu penelusuran tersebut, dapat disimpulkan beberapa fakta :

  1. Antara pukul 08.00 hingga 10.00 WIT, penelusuran Jalan Budi Utomo yang dilakukan dari arah Perempatan Jalan Hasanudin maupun sebaliknya dari arah Pertigaan Diana Shoping Centre diketahui tidak terjadi penumpukan kendaraan maupun kemacetan.
    Kecepatan rata-rata berdasar spedometer mobil yang digunakan bisa mencapai 30 hingga 40 kilometer perjam di koridor antara Perempatan Jalan Hasanudin hingga Tugu Perdamaian Timika Indah.
    Padahal di koridor tersebut, dari data yang ada sedikitnya terdapat tiga titik yang memiliki keramaian yaitu di area antara Bank CIMB Niaga hingga Depan Kantor BRI Cabang Timika, kemudian area antara Perempatan Jalan Kartini hingga Depan Kantor Cabang BCA Timika dan area depan SMP Negeri 2 Timika hingga depan Kantor Pelayanan Satlantas Polres Mimika.
    Bahkan fajarpapua.com, bisa memacu kendaraan diatas 60 kilometer perjam untuk koridor Jalan Budi Utomo antara Tugu Perdamaian di Timika Indah hingga Depan Rumah Sakit Tjandra Medika.
    Sementara di Depan Diana Shoping Centre yang biasanya menjadi titik terparah tidak terlihat adanya penumpukan kendaraan.
  2. Penelusuran antara pukul 12.00 hingga 13.00 WIT, didapati fakta terdapat penumpukan kendaraan di area antara Bank CIMB Niaga hingga Depan Kantor BRI Cabang Timika. Namun, untuk lolos dari kemacetan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama yaitu dikisaran antara 2 hingga 3 menit.
    Selanjutnya area antara Perempatan Jalan Kartini hingga Depan Kantor Cabang BCA Timika relatif tidak terjadi kemacetan.
    Di area ini, fajarpapua.com memang mengurangi kecepatan karena adanya kendaraan yang hendak masuk ke area perbankan.
    Kemudian di area depan SMP Negeri 2 Timika hingga depan Kantor Pelayanan Satlantas Polres Mimika juga tidak terdapat penumpukan kendaraan.
    Secara garis besar, pada jam tersebut tidak terjadi kemacetan sebagaimana alasan yang disampaikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika.
  3. Sementara pada penelusuran fajarpapua.com yang dilakukan pada pukul 15.00 WIT meski ada penambahan volume kendaraan yang melalui Jalan Budi Utomo, namun tidak terjadi kemacetan disepanjang jalan tersebut.
    Sementara di pukul 19.00 WIT, didapati penambahan volume kendaraan di dua titik yaitu di area Perempatan Jalan Kartini hingga Depan Kantor Cabang BCA Timika dan Depan Diana Shoping Centre.
    Memang diakui di dua titik yang dimaksud terjadi penumpukan kendaraan, tetapi kondisi itu hanya bersifat sesaat dan pada umumnya tidak berlangsung lama.
    Penumpukan tersebut menurut hemat penulis bukan disebabkan ketidakmampuan badan jalan dalam menampung kendaraan. Tetapi lebih karena banyaknya pedagang kaki lima yang menempatkan lapaknya terlalu mendekati bahu jalan.
    Sehingga, jika hal tersebut dalam hal ini penataan pedagang dan juga parkir dikelola dengan lebih baik, penumpukan kendaraan tersebut tidak akan terjadi.

Mengaca pada penelusuran fajarpapua.com tersebut diatas, disimpulkan adanya fakta yang bertentangan dengan pernyataan dari otoritas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *