BERITA UTAMAEDITORIALPAPUA

Lukas Enembe Kembali, Nasib Sekda Flassy, Ada Tiga Figur Mengemuka Gantikan Almarhum Klemen Tinal

cropped cnthijau.png
34
×

Lukas Enembe Kembali, Nasib Sekda Flassy, Ada Tiga Figur Mengemuka Gantikan Almarhum Klemen Tinal

Share this article
Kantor Gubernur Provinsi Papua
Kantor Gubernur Provinsi Papua

Berdasar hasil penelusuran dari sejumlah media dan juga dari informasi yang mengemuka dikalangan politisi di Papua setidaknya ada tiga nama yang digadang-gadang menggantikan posisi mantan Bupati Kabupaten Mimika untuk duduk di Kursi Papua 02 yaitu :

  1. Matius Awoitauw
    Politisi yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Papua, digadang-gadang sebagai salahsatu calon terkuat untuk menggantikan posisi Almarhum Klemen Tinal sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Anggapan itu sangat layak mengingat posisinya sebagai Ketua Koalisi Partai Pendukung Luk-Men, Matius Awoitauw diyakini mampu meyakinkan pimpinan partai koalisi memilihnya untuk dimajukan sebagai pendamping Gubernur Enembe ke Dewan Perwakilan Rakyat Papua.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Ingat! Dalam konteks politik, Awoitauw juga memiliki dukungan yang kuat di parlemen karena sebagai ketua berhasil mengantarkan Partai Nasdem sebagai pemenang pada Pemilu Papua sehingga mampu menempatkan perwakilan terbanyak di DPRP bersama Partai Demokrat yaitu 8 kursi.

Artinya, jika nama Awoitauw yang diajukan kemungkinan disetujui akan terbuka lebar apalagi jika disetujui oleh Gubernur Enembe yang notabene sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Papua

Selain itu Awoitauw yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Jayapura untuk periode keduanya secara umum juga memiliki pengalaman birokrasi yang baik.

  1. Kenius Kogoya, SP, MSi
    Politisi yang juga Ketua DPD Partai Hanura Papua ini juga digadang-gadang sebagai sosok yang kuat untuk menempati posisi Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Mengemukanya nama Kenius dalam bursa calon pengganti Almarhum Klemen Tinal tersebut terdengar sejak akhir Mei 2021 lalu.

Hal ini tidak terlepas dari kedekatannya dengan Gubernur Enembe yang menunjuknya sebagai Sekretaris Umum KONI Papua dan diminta juga untuk mengawal suksesnya Pelaksanaan PON XX Papua.

Selain kedekatannya dengan Gubernur Enembe, Peraih Golden Award Anugerah Olahraga SIWO PWI Tahun 2020 juga dinilai berpeluang besar karena dinilai mampu membawa Partai Hanura meningkat pesat dengan meraih 3 kursi di DPRP.

Bahkan untuk memuluskan jalannya untuk menduduki posisi Papua 02, Kenius telah mengantongi restu dari DPP Partai Hanura.

Restu dari DPP Partai Hanura itu tertuang dalam Rekomendasi DPP Partai Hanura yang ditandatangani langsung Ketua DPP Partai Hanura, DR (HC) Oesman Sapta Odang dan Sekjen I Gede Suardika, SH, MH.

Hal itu sebagaimana dibacakan oleh Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Papua, Jimmy A Hegemur, SSos di sela-sela Rakorda DPD Partai Hanura Provinsi Papua dan Bimtek Anggota DPRD Partai Hanura se Papua di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura pada Jumat, 2 Juli 2021.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP Partai Hanura terhadap pencalonan Kenius Kogoya sebagai Wakil Gubernur Papua itu, mendapatkan dukungan dari 29 DPC Partai Hanura di Papua.

  1. Fernando Yansen Tinal
    Nama politisi muda Partai Golkar Papua yang merupakan adik kandung Almarhum Klemen Tinal ini mengemuka karena adanya tuntutan dari pihak keluarga.

Dimana pihak keluarga meminta kepada Partai Koalisi Pendukung Luk-Men terutama Partai Golkar untuk mengajukan Ketua Komisi I DPR Papua, itu untuk menggantikan posisi kakaknya sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Aspirasi ini juga disampaikan oleh Agus Kora yang merupakan tokoh masyarakat dan juga mewakili keluarga pada puncak acara ibadah syukur 40 hari meningalnya almarhum Klemen Tinal, yang digelar di Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura,  Kamis 1 Juli 2021.

Keluarga almarhum Klemen Tinal, SE., menyatakan sikap dan meminta  kepada Presiden RI Joko Widodo, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dapat menentukan Yansen Tinal sesuai mekanisme sebagai Wakil Gubernur Papua.

Selain ketiga nama tersebut, dari informasi yang diterima fajarpapua.com juga muncul beberapa figur yang dinilai cocok untuk menduduki jabatan Wakil Gubernur Provinsi Papua.

Dari kalangan birokrat muncul nnama mantan Bupati Yahukimo, Ones Pahabol masuk dalam calon alternatif.

Kemudian, Bupati Mamberamo Raya Jhon Tabo juga digadang-gadang mampu mengemban tugas mendampingi Gubernur Enembe.

Selain itu nama Bupati Mimika Eltinus Omaleng, juga masuk dalam radar untuk menggantikan posisi Almarhum Klemen Tinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *