BERITA UTAMAMIMIKA

Teh hijau Berpotensi Membunuh Virus Corona

cropped cnthijau.png
6
×

Teh hijau Berpotensi Membunuh Virus Corona

Share this article
teh hijau
teh hijau

fajarpapua.com – Sementara virus corona atau COVID-19 masih menggangu kehidupan banyak orang di seluruh dunia, penelitian baru masih terus dilakukan setiap hari untuk mengatasi virus mematikan tersebut.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Dalam penelitian menarik lainnya yang dilakukan oleh Institute of Molecular Virology, Ulm University Medical Center, Technische Universität Dresden dan CogniVerde GmbH, ditemukan bahwa teh hijau, jus chokeberry dan jus delima, memiliki potensi untuk membunuh virus SARS-CoV-2.

Dilansir Times of India, Rabu 11 November 2020, studi tersebut menemukan bahwa minuman-minuman tersebut mampu mencegah penyebaran infeksi dalam sel secara in vitro.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mencampurkan zat herbal dengan virus, termasuk virus influenza A, adenovirus tipe 5 dan SARS-CoV-2, serta menginkubasinya pada suhu kamar dan menentukan infektivitas.

Ditemukan bahwa jus chokeberry dapat mengurangi infektivitas hampir 3.000 kali lipat. Sedangkan jus buah delima, teh hijau dan jus elderberry, mengurangi infektivitas sekitar 10 kali lipat.

Para ilmuwan juga menguji virus flu babi dan interaksinya dengan zat herbal. Mereka menemukan bahwa keempat jus herbal tersebut dapat menonaktifkan lebih dari 99 persen virus dalam waktu kurang dari lima menit.

Tercatat, jus chokeberry menonaktifkan sekitar 97 persen SARS-CoV-2 setelah 5 menit, sementara jus delima dan teh hijau, menonaktifkan sekitar 80 persen virus. Sedangkan jus elderberry tidak berpengaruh pada SARS-CoV-2.

Para peneliti juga menemukan bahwa SARS-CoV-2 lebih resisten terhadap patogen lain, meskipun jus chokeberry cukup berguna. Jus buah delima dan teh hijau juga membantu mengurangi efek virus.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *