BERITA UTAMAMIMIKA

Tidak Main-main, 1.000 Personel TNI dan Polri Dikerahkan Amankan PON XX Papua, 400 Utusan Mabes Polri

cropped cnthijau.png
9
×

Tidak Main-main, 1.000 Personel TNI dan Polri Dikerahkan Amankan PON XX Papua, 400 Utusan Mabes Polri

Share this article
TNI/POLRI
TNI/POLRI

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 1.000 personel TNI dan Polri dari luar Papua akan diperbantukan untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2-15 Oktober 2021 di klaster Kabupaten Mimika.

ads

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata di Timika, Minggu, mengatakan dari 1.000 personel BKO tersebut, sebanyak 400 orang diantaranya merupakan personel dari Brimob Mabes Polri yang didatangkan dari Jakarta. Sementara 600 personel berasal dari satuan TNI

“Nanti ada 1.000 personel yang akan didatangkan ke Timika untuk membantu pengamanan PON. Diperkirakan pertengahan September mereka sudah tiba di Timika,” kata AKBP Era Adhinata.
Saat melakukan kunjungan kerja ke Timika pada Sabtu (28/8), Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh jajaran TNI dan Polri setempat menyiapkan strategi pengamanan demi menyukseskan perhelatan pesta olahraga nasional ini. Tujuannya agar dapat berjalan aman, damai dan lancar dari segala bentuk gangguan.

Menurut mantan Kapolda Banten ini, strategi pengamanan di seluruh arena olahraga PON XX Papua harus dipersiapkan personel keamanan di ring satu, dua dan tiga.

“Personel TNI dan Polri harus menyiapkan pengamanan pelaksanaan PON pada ring satu, dua dan tiga. Maksimalkan kekuatan yang ada,” ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu menginstruksikan personel TNI-Polri untuk membantu atau bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk melakukan akselerasi vaksinasi massal.

Tujuannya, agar mempercepat target dari Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan komunal terhadap virus Corona.

Strategi untuk mempercepat vaksinasi di Papua, katanya, dengan menyiapkan tempat vaksin di sekolah-sekolah untuk menyasar target siswa dan orang tua murid serta di tempat-tempat ibadah untuk para masyarakat.

Bahkan nantinya percepatan vaksinasi juga akan dilakukan dari rumah ke rumah sampai ke distrik atau kampung.

“Untuk mengurangi risiko penularan dan kematian akibat COVID-19, TNI-Polri bersama Pemda terus melakukan akselerasi vaksinasi. Untuk mencapai target tersebut diperlukan sinergisitas TNI-Polri dan Pemda serta seluruh elemen masyarakat. Dalam menyiapkan strategi vaksinasi diantaranya, serbuan vaksinasi, gerai vaksinasi, vaksinasi ‘mobile’, dan ‘door to door’, ketika stok vaksin datang dalam jumlah besar,” ujar Kapolri.

Kunjungan kerja Kapolri ke Timika itu bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menpora Zainudin Amali.

Selain melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Mimika, Panglima TNI, Kapolri dan Menpora menyempatkan waktu meninjau “venue” panjat tebing PON XX di Kabupaten Mimika.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *