BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

Share this article
Stadion Lukas Enembe
Stadion Lukas Enembe

Jayapura merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak serta memiliki aktivitas ekonomi tertinggi di Papua, terletak di Timur Laut Pulau Papua dan terbagi menjadi beberapa kawasan yaitu pegunungan, kawasan pesisir, dan kawasan perkotaan.

Perbedaan keadaan topografi inilah yang membuat kota Jayapura memiliki banyak tempat wisata alam yang beragam mulai dari pantai hingga perbukitan.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Salah satu tempat wisata yang menjadi ikon kota Jayapura adalah Jembatan Youtefa, diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 28 Oktober 2019.

Total panjang jembatan ini adalah 732 meter dan memiliki lebar 21 Meter, berdiri di Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami, keberadaan jembatan ini membantu memperpendek waktu tempuh menuju beberapa arena pertandingan PON di kawasan Koya, Distrik Muara Tami.

Pada PON XX Papua, kluster Kota Jayapura merupakan tempat yang paling banyak mempertandingkan cabang olahraga yakni 22.

Ke-22 cabang olahraga tersebut adalah Paralayang, Renang Perairan Terbuka, Selam Laut, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softball (putra), Baseball (penyisihan), Sepak Takraw, Voli Indoor, Voli Pasir, Bulutangkis, Dayung Canoeing, Dayung Rowing, Dayung TBR, Layar, Sepakbola (Putra), Sepatu Roda, Taekwondo, Karate, Tinju dan tenis lapangan.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano saat gebyar persiapan PON XX Papua kluster di kawasan lapangan PTC Entrop Jayapura, Sabtu (4/9) mengakui jika kluster Kota Jayapura sudah siap menjadi penyelenggara pertandingan sesuai dengan jadwal pada 2-15 Oktober.

“Semua warga kota Jayapura sudah siap menerima atlet PON Papua yang akan bertanding di kluster kota Jayapura,” kata Benhur Tomi Mano.

Ia mengajak semua elemen masyarakat di Kota Jayapura untuk ikut serta menyukseskan penyelenggaraan kejuaraan empat tahunan ini dengan menjaga kedamaian dan keamanan di lingkungan masing-masing untuk menerima kunjungan atlet dari seluruh Indonesia.

“Sebagai warga Kota Jayapura kita wajib untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON Papua,” kata Benhur Tomi Mano menegaskan.

Kabupaten Jayapura

Kabupaten Jayapura merupakan wilayah yang berbatasan secara langsung dengan Kota Jayapura dan memiliki pertumbuhan ekonomi dan penduduk paling cepat di Provinsi Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *