BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

Share this article
Stadion Lukas Enembe
Stadion Lukas Enembe

Ibu kota kabupaten ini terletak di Sentani dimana terdapat Bandara Udara Internasional terbesar di pulau Papua.

Bandara ini merupakan salah satu pintu gerbang memasuki Provinsi Papua dan menjadi penghubung utama untuk menuju wilayah pedalaman Papua.

ads

Sebelum mendarat atau tinggal landas kita akan disuguhi pemandangan Danau Sentani yang sangat mempesona, dimana akan terlihat kilauan air danau diantara bukit yang bentuknya seperti punggung dinosaurus serta pulau–pulau yang ada di tengah danau.

Danau Sentani terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloop dengan luas 245.000 hektare, terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Jayapura antara lain bukit teleta Air terjun Pegunungan Cycloop, wisata Kampung Yoboi, Danau Emfote yang lebih dikenal dengan Danau Love, Kali Biru Genyem, pantai Tablanusu dan pantai Harlem, bukit salib Doyo Lama, Tugu, Mc Artur dan masih banyak lagi.

Di Kabupaten Jayapura tepatnya Kampung Harapan dibangun stadion yang termegah dan terindah di Indonesia Timur, yang diberi nama Stadion Lukas Enembe.

Bahkan, di sekitar stadion ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dengan latar Pegunungan Cycloop di utara dan Danau Sentani di selatan, dilengkapi dengan ornamen khas Papua serta lampu berwarna-warni yang menambah keindahannya pada malam hari.

Di kawasan ini juga dibangun beberapa arena pertandingan PON diantaranya adalah Arena Akuatik yang tidak kalah megah dan telah mendapat sertifikasi FINA (Federasi Renang Internasional) sehingga memenuhi standar Olimpiade serta Arena Menembak Indoor.

Ada 21 cabang olahraga yang di pertandingan di kluster Kabupaten Jayapura, yakni Gantole, Loncat Indah,Renang Artistik, Polo Air, Renang, Selam Kolam, Senam Artistik, Senam Ritmik, Senam Aerobik, Softball, Baseball, Shorinji Kempo, Muaythai, Menembak, Panahan, Pencak Silat, Rugby, Cricket, Hockey Ruangan, Hockey Lapangan dan Sepakbola Putra.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw dalam setiap kesempatan mengajak semua komponen masyarakat di wilayahnya untuk turut menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan PON XX Papua.

“Ada ribuan atlet peserta PON Papua akan datang ke Kabupaten Jayapura mengikuti pertandingan olahraga empat tahunan di Indonesia,” katanya.

Bupati Awoitauw berharap, selama ajang multievent PON XX Papua berlangsung dengan aman, lancar, dan sukses prestasi hingga sukses penyelenggaraan.

Kabupaten Mimika

Kabupaten Mimika dengan ibu kota Timika memiliki 18 Distrik/Kecamatan merupakan kabupaten terkaya di Provinsi Papua dan lokasinya dapat di akses dengan menggunakan pesawat terbang melalui bandar udara nasional Moses Kilangin yang terletak di Timika atau menggunakan kapal laut melalui pelabuhan nasional Poumako.

Wilayah Kabupaten Mimika memiliki topografi dataran tinggi dan dataran rendah. Distrik yang bertopografi tinggi adalah Tembagapura, Agimuga dan Jila.

Distrik-distrik selain ketiga distrik tersebut memiliki topografi dataran rendah. “The Wettest Place on Earth” di wilayah Mile 50 (MP50) pada kecamatan Tembagapura, kabupaten Mimika, Papua merupakan daerah terbasah di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *