BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
14
×

Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

Share this article
Stadion Lukas Enembe
Stadion Lukas Enembe

Curah hujan di Timika mencapai rata-rata 329 hari hujan dalam satu tahun, Mile 50 juga merupakan jalan mendaki 2.000 meter ke gunung berapi tua yang dikenal sebagai Grasberg, salah satu tambang tembaga dan emas yang paling melimpah.

Kabupaten Mimika memiliki dua gunung dengan tambang besar yaitu Tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Ertsberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang merupakan tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang ternama di dunia yang melakukan kegiatan penambangan di sana.

Objek wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Mimika diantaranya kuala kencana, Gresberg Mine, Negara Korowai, Kali Iwaka, wisata sejarah Keakwa, pantai Kampus Biru, kawasan outbond Mapurujaya, wisata pantai Ipaya, Kali Pindah-pindah, Taman Nasional Lorentz dan lain-lain.

Di Kabupaten Mimika juga dibangun kawasan Mimika Sport Complex (MSC) untuk arena pertandingan Atletik dan Bola Basket.

Ciri khas burung lokal Papua diaplikasikan pada desain bagian atap tribun stadion outdoor dengan bentuk menyerupai ekor burung Cenderawasih.

Di ajang PON XX Papua, Kluster Kabupaten Mimika akan menjadi tempat pertandingan 12 cabang olahraga yakni Aeromodeling, Terbang Layang, Terjun Payung, Atletik, Bola Basket 5×5, Bola Basket 3×3, Panjat Tebing, Biliar, Bola Tangan, Futsal, Judo dan Tarung Deraja

Ketua Sub PB PON Mimika Eltinus Omaleng mengakui, berbagai elemen warga di daerah Kabupaten Mimika telah siap menyambut event olahraga nasional yang baru pertama kali digelar di Papua ini.

“Jajaran pemerintah Kabupaten Mimika bersama masyarakat telah siap menyambut kedatangan atler pada PON XX Papua kluster Mimika,” kata pria yang juga Bupati Mimika itu.

Kabupaten Merauke

Kabupaten Merauke sebagai satu kluster penyelenggara PON XX Papua terletak di bagian selatan Provinsi Papua dan merupakan kabupaten terluas sekaligus paling timur di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Luas wilayah Kabupaten Merauke adalah 119.749 Km2 atau sekitar 29 persen dari total luas Papua, bahkan luas Kabupaten Merauke 70 kali lebih besar daripada luas wilayah negara Singapura.

Merauke juga merupakan titik terakhir wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini sehingga kondisi alamnya sedikit berbeda dengan kondisi alam Papua secara umum. Merauke memiliki kondisi alam yang tidak jauh berbeda dari Australia Utara.

Keberadaan kota ini sungguh berarti dan istimewa bagi sejarah perjuangan berdirinya Indonesia hingga menjadi bagian dari sebuah lagu perjuangan yang berjudul  “Dari Sabang sampai Merauke”.

Wisata alam pun juga menjadi pilihan yang menarik untuk didatangi. Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Wasur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *