BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Eksibisi Selancar Ombak Memasuki Putaran Akhir

cropped cnthijau.png
7
×

Eksibisi Selancar Ombak Memasuki Putaran Akhir

Share this article
Atlet selancar angin Sulsel terus fokus mematangkan kemampuan jelang tampil di PON Papua 2021
Atlet selancar angin Sulsel terus fokus mematangkan kemampuan jelang tampil di PON Papua 2021

Jayapura, fajarpapua.com – Cabang olahraga ekshibisi selancar ombak Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua memasuki putaran akhir setelah penyelenggaraan hari pertama, Rabu.

Ekshibisi selancar ombak awalnya direncanakan untuk digelar di Pantai Hamadi, kota Jayapura, namun Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) memutuskan menggelar pertandingan di Pantai Skouw Sae, rencana alternatif jika tidak ada ombak.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Lokasi utama di Pantai Hamadi itu ombaknya tidak ada, hilang, jadi kita pindah ke pantai Skouw Sae. Alhamdulillah ombaknya cukup kondusif,” kata Ketua Umum PB PSOI, Arya Sena Subyakto, kepada saat dihubungi Antara di Jayapura, Rabu.

Upacara pembukaan ekshibisi, menurut Arya, masih dilakukan di Pantai Hamadi. Selanjutnya, panitia bersama para atlet melakukan “mobilisasi besar-besaran” menuju pantai yang berlokasi 21km dari pusat kota Jayapura itu.

Pantai Skouw Sae, dinilai Arya lebih baik untuk penyelenggaraan pertandingan karena jauh dari hiruk pikuk desa nelayan, seperti yang ada pada Pantai Hamadi. Lebih dari itu, ombak di Pantai Skouw juga jauh lebih bagus.

“Karena kita agak siang jadi angin bertiup dari arah pantai, jadi istilahnya onshore, tapi tadi hujan jadi oke. Besok pasti lebih bagus,” kata Arya.

Arya mengatakan penyelenggara bersama para atlet rencananya akan memulai pertandingan Kamis sekitar pukul 06.30 WIT.

Ekshibisi selancar ombak PON Papua berlangsung dua hari Rabu dan Kamis, dengan mempertandingkan dua nomor yaitu shortboard atau papan pendek putra dan nomor aerial atau mengudara putra.

Pada hari pertama, menurut Arya, pertandingan berjalan baik. Nomor short board telah melewati putaran pertama dengan mempertandingkan empat heat yang masing-masing heat mempertemukan lima peselancar.

Selanjutnya, tiga peselancar dengan posisi teratas melaju ke putaran ketiga, sementara dua peselancar terbawah menuju ke putaran kedua. Pertandingan putaran kedua dan ketiga akan berlangsung Kamis, yang diikuti dengan pertandingan perempat final, semifinal dan final.

Untuk nomor aerial, peserta yang awalnya berjumlah 15 orang menjadi 17 orang dengan tambahan peserta asal tuan rumah. Pada nomor aerial 50 persen dari jumlah pemain melaju ke putaran berikutnya, yakni semifinal dan final, yang akan digelar pada Kamis.

“Yang saya senang melihatnya adalah lumayan cukup merata permainannya. Jadi, perkembangannya sudah cukup baik. Dan, mengingat datang ke sini pakai uang sendiri, saya sangat berterima kasih karena semangatnya luar biasa, apalagi yang dari Aceh, Sumatera Barat,” ujar Arya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *