BERITA UTAMAMIMIKA

Awas!! Barang Kadaluwarsa Beredar di Akhir Tahun, OPD Teknis di Mimika Diminta Lakukan “Sweeping”

cropped cnthijau.png
4
×

Awas!! Barang Kadaluwarsa Beredar di Akhir Tahun, OPD Teknis di Mimika Diminta Lakukan “Sweeping”

Share this article
Aloisius Paerong ST
Anton Pali

Timika, fajarpapua.com – DPRD Mimika mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis melakukan sweeping atau memantau supermarket, toko-toko dan pedagang guna menghindari beredarnya barang tidak layak kosumsi atau sudah lewat masa edarnya (kadaluwarsa) di masyarakat

ads

Sweeping ini penting, mengingat biasanya para pedagang nakal memanfaatkan momen akhir tahun atau momen menjelang hari raya untuk menjual makanan dan minuman yang sudah habis masa berlakunya.

Anggota Komisi B DPRD Mimika, Anton Palli saat ditemui fajarpapua.com, Jumat (15/10) lalu mengatakan pihaknya mendorong Disperindag, Satpol PP dan dinas terkait lainnya untuk melakukan pemeriksaan di lapangan untuk menghindari beredarnya barang tidak layak konsumsi di masyarakat.

“Dewan mengingatkan OPD teknis supaya peka dan segera menjadwalkan kegiatan sweeping barang kadaluwarsa. OPD harus pro aktif turun lapangan serta mengawasi pedagang, pemilik toko, pengusaha mall, super market agar tidak berbuat nakal yang bisa merugikan masyarakat,” tegasnya.

Apalagi lanjutnya, saat ini sudah pertengahan Oktober yang biasanya warga sudah mulai mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Natal sehingga pengawasan terhadap peredaran makanan dan minuman yang dijual bagi masyarakat harus ditingkatkan.

Anton mengingatkan pengalaman tiap tahun atau menjelang akhir tahun biasanya pedagang nakal menjual makanan dan minuman ringan yang sudah habis masa berlakunya.

“Pengalaman ini harus dijadikan pelajaran dan OPD teknis harus peka dengan kondisi ini. Disperindag, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan BPOM harus respon cepat dan sita semua barang yang habis masa berlakunya termasuk dari gudang distributor jika ditemukan,” jelasnya.(mar )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *