BERITA UTAMAPAPUA

Tuding KSB, Danrem Bantah Anggota TNI Lakukan Pembakaran Rumah Warga di Kiwirok

cropped cnthijau.png
5
×

Tuding KSB, Danrem Bantah Anggota TNI Lakukan Pembakaran Rumah Warga di Kiwirok

Share this article
Ilustrasi pembakaran rumah warga.
Ilustrasi pembakaran rumah warga.

Jayapura, fajarpapua.com –  Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan memastikan anggota TNI-Polri tidak ada yang membakar rumah warga di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Tidak benar anggota TNI maupun Polri melakukan pembakaran rumah warga seperti yang beredar di media sosial karena selama ini yang melakukan adalah kelompok sipil bersenjata (KSB) dengan membakar dan merusak berbagai fasilitas yang ada di Kiwirok, ” kata Danrem 172/PWY Brigjen TNI Pangemanan kepada wartawan di Jayapura, Sabtu.

Ia mengakui dari laporan yang diterima sejak pertengahan bulan September 2021 penyerangan terhadap warga sipil yang dilakukan KSB Pimpinan Lamel Taplo membakar dan merusak berbagai bangunan yang ada di Kiwirok.

Seorang warga sipil yang merupakan petugas kesehatan yang seharusnya dilindungi malah dianiaya hingga menewaskan satu orang, kata Pangemanan seraya mengaku selain di Kiwirok kelompok itu juga melakukan hal serupa di Okhika.

Di kedua distrik itu, katanya, sudah tidak ada lagi warga sipil, terutama nonpenduduk asli karena sudah dievakuasi ke Jayapura dan Oksibil termasuk guru, katanya.

Menurutnya, foto-foto yang beredar menggambarkan pembakaran di Kiwirok itu sengaja diedarkan kelompok yang tidak bertanggungjawab karena situasi di wilayah itu saat ini dalam keadaan kondusif.

“Saya sudah cek ke Kiwirok dan saat ini dilaporkan kondusif, ” kata dia.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *