BERITA UTAMAPAPUA

Beredar Video Dua Orang Imam Berjubah Putih Ditengah Kepungan Api di Kantor Airnav Sugapa

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Beredar Video Dua Orang Imam Berjubah Putih Ditengah Kepungan Api di Kantor Airnav Sugapa

Share this article
Tampak dua orang orang imam Katolik berusaha menyelamatkan petugas Airnav yang terjebak
Tampak dua orang orang imam Katolik berusaha menyelamatkan petugas Airnav yang terjebak

Timika, fajarpapua.com – Sebuah video amatir beredar di media sosial whatsapp, Sabtu (30/10) pagi. Dua orang imam katolik (pastor) berjubah putih terlihat berjibaku berusaha menyelamatkan karyawan kantor Airnav yang dibakar KKB di Sugapa. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Sebagaimana yang diperoleh fajarpapua.com, Sabtu pagi, tampak dalam video berdurasi 2 menit 22 detik itu aksi heroik dua orang pastor dibantu beberapa warga menyelamatkan karyawan Airnav.

Belakangan kedua imam katolik itu diketahui bernama Pastor Yance Yogi dan pastor Fransiskus Sondegau. Ada juga anggota DPRD Melianus Belau dan beberapa masyarakat yang berusaha menyelamatkan Petugas Bandara yang sedang terkurung dalam kantor Airnav yang sedang terbakar.

Dalam video amatir itu, kedua pastor mengenakan jubah putih berlari berusaha menyelamatkan para korban. Seorang pastor menaiki pagar dan menarik tangan petugas keluar. Sedangkan seorang pastor lainnya mengangkat salib.

“Mari mari, ini pater, ini pater,” teriak perekam video itu. “Sudah tidak ada? Cepat-cepat” terdengar suara desakan lain.

Saat itu, Jumat (29/10) sekitar pukul 16.00 WIT, KKB membakar Kantor Airnav yang berada di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

“Memang benar ada laporan tentang aksi pembakaran yang dilakukan KKB di sekitar kawasan Bandara Sugapa, yakni pembakaran Kantor Airnav,” kata Komandan Kodim 1705/Nabire, Letnan Kolonel Infantri Anjuanda Pardosi, kepada wartawan yang dihubungi dari Jayapura, Papua, Jumat malam.
Ia menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu dan saat ini karyawan-karyawan instansi negara itu sudah mengungsi ke gereja.

Sebelum membakar, gerombolan bersenjata itu sempat kontak tembak dengan personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Daerah Rawan dari Batalion Infantri 501/BY dan Satgas Belukar.

Karena terdesak itulah gerombolan bersenjata itu membakar Kantor Airnav Bandara Sugapa. “Beberapa hari terakhir ini gangguan keamanan yang dilakukan KKB meningkat,” kata dia.
Dilaporkan anggota gerombolan bersenjata ada di setiap pelosok disekitar Distrik Sugapa hingga menyebabkan masyarakat terutama yang berasal dari luar Sugapa ketakutan dan mengungsi ke gereja.

“Sedangkan penduduk Sugapa memilih tidak beraktivitas keluar rumah karena ketakutan,” kata dia, yang wilayahnya termasuk Kabupaten Intan Jaya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *