BERITA UTAMANASIONAL

Hujan dan Angin Kencang diprakirakan Landa Sebagian Besar Indonesia

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Hujan dan Angin Kencang diprakirakan Landa Sebagian Besar Indonesia

Share this article
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Indonesia.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Indonesia.

Jakarta, fajarpapua.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gangguan cuaca yang berpotensi memicu awan hujan disertai angin kencang secara merata hampir di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id beberapa wilayah Indonesia saat ini telah memasuki musim hujan meliputi wilayah Indonesia bagian barat, bagian tengah, juga wilayah Indonesia bagian timur.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Prakiraan daerah konvergensi atau pertemuan angin terdapat di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Papua juga Nusa Tenggara.

Daerah tersebut berpotensi terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan awan hujan yang perlu diwaspadai masyarakat saat beraktivitas akhir pekan.

BMKG menginformasikan sejumlah daerah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang diprakirakan melanda di sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Situasi serupa juga berpotensi terjadi di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Selain itu, wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Hujan petir diprakirakan melanda sejumlah kota besar di Indonesia, di antaranya Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Mataram, dan Medan.

Situasi hujan ringan hingga sedang mengguyur Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ternate, Kupang, Pekan Baru, Mamuju, Makasar, Kendari, Manado, Padang, dan Palembang.

Kondisi cuaca berawan dan cerah berada di Surabaya, Tarakan, Badar Lampung, Jayapura, dan Manokwari.

Situasi suhu di kota besar rata-rata 20 hingga 35 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan berkisar 55 hingga 100 persen.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *