BERITA UTAMAMIMIKA

Sasiel Abugau, Anggota DPRD Mimika Yang Memilih Tetap Tinggal Bersama Masyarakat Pemilihnya di Kampung

cropped cnthijau.png
13
×

Sasiel Abugau, Anggota DPRD Mimika Yang Memilih Tetap Tinggal Bersama Masyarakat Pemilihnya di Kampung

Share this article
Sasiel Abugau Anggota DPRD Mimika
Sasiel Abugau Anggota DPRD Mimika

Tulisan: Hadmarus Waka
(Redaktur fajarpapua.com)

Klik iklan untuk info lebih lanjut

BERSAHAJA, sederhana dan tetap down to earth, itulah sekilas yang bisa digambarkan dari sosok Sasiel Abugau, Anggota DPRD Mimika dari Partai PDIP.

Disaat sebagian orang bermimpi menjadi anggota dewan untuk memperbaiki ekonominya, Sasiel malah memilih tampil apa adanya dan tetap menjadi sosok sebagaimana dirinya sebelum menjadi “pejabat rakyat”.

Dengan penghasilan sebagai anggota dewan baik dari gaji maupun tunjangan yang lumayan besar, Sasiel bisa saja menaikan standar hidupnya.

Namun hal itu tidak ia lakukan dan tetap memilih tinggal ditengah-tengah masyarakat pemilihnya yang ada di Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana.

“Saya tinggal bersama masyarakat disini. Kalau mereka susah pasti ada saya,” ujar Sasiel saat ditanya fajarpapua.com, alasan utama dirinya tetap tinggal di kampung.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat dirinya tidak perlu beretorika dan banyak bicara dalam memperjuangkan kepentingan para pemilihnya.

Intinya lanjut Sasiel, yang dibutuhkan masyarakat adalah tindakan nyata dari para wakil rakyat dan bukan hanya sekedar janji.

“Jadi saat reses, saya tidak mau bicara banyak. Ketika mereka susah saya hadir ditengah- tengah mereka. Jadi apa yang mereka butuh selalu mereka sampaikan ke saya baru saya teruskan ke lembaga,” kata Sasiel.

Kedekatan Sasiel dan konstituennya di Kampung Mimika Gunung ditunjukan saat dirinya menggelar reses kedua Tahun 2021 .

Sasiel hadir bersama rekannya yang juga dari daerah pemilihan (Dapil) 5 yakni Anton Bugaleng dan Aloisius Paerong mengadakan bakar batu bersama.

Ditengah acara bakar batu, Sasiel bersama dua anggota dewan lainnya menggelar pertemuan bersama masyarakat untuk menjaring aspirasi warga.

Luar biasanya, dalam pertemuan itu mereka hanya menerima usulan dan masukan program-program apa saja yang harus diperjuangkan dalam rencana program pembangunan Tahun 2022 mendatang.

Dengan pendekatan ini, warga merasa sangat dihargai sehingga mereka tidak ragu menyampaikan sejumlah usulan program seperti jalan, sekolah, guru, pembangunan Puskesmas Pembantu dan tenaga medis, gereja serta perumahan masyarakat.

Sasiel dalam kesempatan itu berjanji, dirinya bersama anggota DPRD Mimika yang berasal dari Dapil 5 akan memperjuangkan permintaan warga baik yang di Mimika Gunung dan kampung lainya.

Namun demikian Sasiel menegaskan, realisasi dari usulan program yang diajukan masyarakat tidak serta merta langsung dapat dieksekusi oleh Pemda Kabupaten Mimika.

“Pengusulan ini tentu dilakukan secara bertahap karena itu DPRD Mimika harus mengawal dan berjuang saat pembahasan bersama eksekutif,” jelasnya

Sebagai bentuk perhatian kepada pemilihnya, dipenghujung kegiatan reses, Sasiel membagikan bantuan Sembako. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *