BERITA UTAMAPAPUA

Jelang Idul Fitri 1443 H, Tim SAR Jayapura Siaga di Tempat-Tempat Wisata

cropped cnthijau.png
10
×

Jelang Idul Fitri 1443 H, Tim SAR Jayapura Siaga di Tempat-Tempat Wisata

Share this article
Tim SAR saat melakukan Apel Siaga Lebaran 2022 di Kantor SAR Jayapura
Tim SAR saat melakukan Apel Siaga Lebaran 2022 di Kantor SAR Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura (SAR) mulai melakukan siaga menjelang Idul Fitri 1443 dengan menyiapkan 50 personil yang disebar disejumlah pos SAR Jayapura.

“Personel ini disiagakan sejak 22 April hingga 12 Mei 2022. Jumlah personel kita siapkan 50 orang yang disebar di sejumlah pos SAR Jayapura,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jayapura, Sunarto, Senin (25/4/2022).

ads

Dia menjelaskan personel SAR Jayapura disiagakan pada beberapa lokasi, yakni tempat-tempat wisata, Bandara Sentani, dan pelabuhan Jayapura dilengkapi dengan peralatan pendukung baik sarana SAR darat dan armada kapal.

“Untuk patroli kami prioritaskan di tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat pada saat lebaran. Kemudian arus transportasi yang rawan kecelakaan dimana pada lebaran ini dengan adanya peningkatan pergerakan orang,” ujarnya.

Sunarto menjelaskan, SAR Jayapura juga mensiagakan personil di Pos-pos SAR, yakni Pos SAR Wamena, Pos SAR Sarmi dan Pos SAR Oksibil lanjutnya. Selain Posko bandara dan pelabuhan, personil Barsanas juga melakukan pemantauan di tempat-tempat wisata wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.

Kesiapsiagaan SAR dalam rangka Siaga SAR Khusus Lebaran adalah agenda yang dilaksanakan setiap tahun, dengan selalu semangat untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personil, peralatan, keterampilan, kesigapan untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Sunarto menambahkan, beberapa tempat menjadi prioritas bagi SAR untuk dipantau seperti tempat wisata alam yang di sekitaran Danau Sentani, Sarmi akan banyak dikunjungi masyarakat terutama pada saat lebaran nanti karena area pantai yang sangat banyak dikunjungi masyarakat setiap tahun.

“Kami himbau pada masyarakat apabila mengunjungi tempat-tempat wisata agar selalu memperhatikan keselamatan, bila perlu bawa perlatan renang,” ungkap Sunarto.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *