BERITA UTAMAPAPUA

3.278 Ekor Mati karena Virus ASF, Larangan Pengiriman Daging Babi asal Mimika Mulai Diberlakukan di Wilayah Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
210
×

3.278 Ekor Mati karena Virus ASF, Larangan Pengiriman Daging Babi asal Mimika Mulai Diberlakukan di Wilayah Papua

Share this article
IMG 20240308 WA0003
Babi yang mati karena virus ASF

Timika, fajarpapua.com- Merebaknya virus African Swine Fever (ASF) atau demam babi di Kabupaten Mimika membuat sejumlah daerah di Papua melakukan antisipasi pencegahan.

Salahsatunya seperti yang dilakukan oleh Pemda Kabupaten Jayapura, Papua yang sudah menutup akses masuknya daging babi dari Mimika.

ads

Pelarangan pengiriman daging babi termasuk produk turunannya asal Kabupaten Mimika ini dilakukan untuk mencegah virus ASF masuk ke Jayapura.

Penutupan akses masuk pengiriman daging babi ke Kabupaten Jayapura dari Mimika karena jumlah babi yang mati akibat virus ASF hingga saat ini tercatat sebanyak 3.278 ekor.

Dokter hewan (drh) Adorvina Wompere pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura di Sentani, Rabu, mengatakan kasus virus ASF di Kabupaten Mimika belum ditemukan dan langkah pencegahannya dengan melarang pengiriman daging babi dari Kabupaten Mimika maupun dari luar Papua ke Kabupaten Jayapura saat ini.

“Kami sudah melakukan koordinasi ke pemerintah provinsi untuk sementara waktu tidak boleh ada pengiriman babi dari luar ke Papua untuk mencegah virus ASF,” katanya.

Menurut Wompore, pihaknya sudah melakukan survei ke kampung-kampung yang terdapat babi mati, dan setelah melakukan pemeriksaan ternyata hewan itu mati akibat penyakit streptococcus sejak Januari-Februari.

“Streptococcus itu merupakan penyakit hewan khususnya babi disebabkan karena kuman, bukan disebabkan oleh virus ASF seperti di kabupaten Mimika,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya dapat menyimpulkan hal itu karena dari cara penyebarannya saja berbeda antara penyakit streptococcus dan virus ASF, dimana streptococcus hewan ternak matinya satu per satu, kalau virus ASF matinya serentak,” ujarnya.

“Kami selain melihat dari cara penyebaran dan kematian, juga dilakukan pemeriksaan sampel dagingnya apakah babi di sini matinya karena virus ASF atau streptococcus,” katanya.

Dia menambahkan langkah pencegahan yang dilakukan pihaknya ialah menyemprotkan kadang hewan ternak di kampung-kampung yang terdapat ternak babi yang mati maupun ke semua peternak babi di daerah ini.

“Kami mengimbau kepada semua peternak babi untuk memberikan vitamin kepada hewan ternak mereka maupun kandangnya wajib disemprot sehingga mengantisipasi penyakit streptococcus maupun virus ASF,” ujarnya. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *