Gadgets

Inilah Fungsi Fitur Find My Device di Android

cropped cnthijau.png
329
×

Inilah Fungsi Fitur Find My Device di Android

Share this article
fitur find my device
sumber : google image

Bogor, Fajarpapua.com – Saat ini hampir semua perangkat Android sudah menghidupkan fitur find my device secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu lagi mendownload aplikasi Find My Device secara terpisah.

Kendati demikian tampaknya masih banyak yang belum paham fungsi dan cara menggunakan fitur find my devices ini. Fungsi dasar dari find my device ini sebenarnya adalah untuk menemukan lokasi perangkat, namun berbeda dengan yang dimiliki oleh Apple. Fungsi ini membutuhkan perangkat yang aktif dan juga tidak di kembalikan pada setelan pabrik.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Lebih Dalam Tentang Fitur Find My Device

Untuk dapat menggunakan layanan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna seperti :

  1. Perangkat harus dalam kondisi menyala
  2. Perangkat sudah dihubungkan ke akun Google
  3. Memiliki jaringan Internet Aktif
  4. Fungsi GPS yang selalu Aktif
  5. Aplikasi Find My Device harus dalam kondi aktif

Setelah kelima persyaratan tersebut sudah dipastikan sesuai dan aktif maka untuk dapat menguji atau menggunakan Fitur Find My Device dengan cara berikut ini :

  1. Kunjungi situs https://android.com/find
  2. Setelah itu silahkan login menggunakan akun Google yang terhubung dengan perangkat. Apabila perangkat yang mau dicari memiliki lebih dari 1 akun Google maka yang harus dimasukkan adalah akun Google yang pertama kali di masukan.
  3. Setelah berhasil login kemudian akan ada jenis perangkat yang terhubung. Bila ada lebih dari dua perangkat maka silahkan dipilih perangkat yang akan di uji coba fitur ini.
  4. Setelah itu lokasi akan ditunjukan pada peta yang disertai dengan 3 pilihan yaitu :
    1. Berdering, fitur ini akan memerintahkan fitur find my device yang terpasang pada perangkat untuk berbunyi selama 5 menit meskipun dalam settingan atau konfigurasi mode senyap atau silent.
    1. Amankan perangkat, dengan memilih opsi ini maka perangkat akan di kunci serta menampilkan pesan pada lock screen
    1. Hapus perangkat, fungsi ini untuk menghapus isi dari seluruh data yang ada pada perangkat android agar tidak dapat di akses.

Meskipun fitur find my device cukup bermanfaat namun fitur ini bersifat tempelan atau instalan aplikasi yang bisa hilang konfigurasinya saat perangkat dikembalikan ke dalam setelan pabrik atau Factory Reset.

Di samping itu perangkat yang dalam keadaan mati pun tidak dapat diakses karena dengan matinya perangkat maka fitur find my device pun tidak diaktifkan.

Kedua kelemahan ini merupakan kelemahan mendasar dari sistem Android yang berbeda dengan perangkat milik Apple yang dapat di aktifkan dan dicari meskipun dalam kondisi mati selama masih ada sisa daya yang terdapat dalam penyimpanan daya atau baterai perangkat milik Apple.

Tak ada gading yang tidak retak, tentunya pepatah ini pun dapat kita sematkan pada Google melalui fitur find my device.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *