BERITA UTAMANASIONAL

56 Orang Tewas Dalam Gempa Majene, Relawan Timika Kumpulkan Dana, Baznas Tiba di TKP

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

56 Orang Tewas Dalam Gempa Majene, Relawan Timika Kumpulkan Dana, Baznas Tiba di TKP

Share this article

Sulbar, fajarpapua.com – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sulawesi Barat Raditya Jati mengatakan korban jiwa akibat gempa Magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat bertambah menjadi 56 orang.

Sementara itu, di lampu merah Timika, sejumlah relawan mulai mengumpulkan sumbangan untuk dikirimkan ke Majene dan Mamuju.

ads

Sebagai bentuk respon kemanusiaan, tim Baznas Mimika sudah terbang ke wilayah korban bencana.

“Sebanyak 47 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majene,” kata Raditya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selain itu, terdapat 637 korban luka di Kabupaten Mejene dengan perincian 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang, dan 425 orang luka ringan. Di Kabupaten Memuju, 189 orang mengalami luka berat dan menjalani rawat inap.

Menurut Pusat Pengendali Operasi BNPB, sebagian wilayah di Kabupaten Mamuju sudah dapat dialiri listrik dan sebagian lainnya masih gangguan. Di Kabupaten Majene, aliran listrik baru menyala di sebagian wilayah.

Raditya mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene, BPBD Kabupaten Mamuju, dan BPBD Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian serta berkoordinasi dengan TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas, relawan, dan instansi terkait dalam upaya mencari korban terdampak gempa.

“Jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju kembali pulih dan dapat dilalui kendaraan Sabtu (16/1) sore,” jelasnya.

Jalur tersebut kembali dibuka setelah Komandan Kodim 1401/Majene Letkol Inf Yudi Rombe dari Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin menugaskan Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 8/SMG mengerahkan alat berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *