BERITA UTAMAMIMIKA

Kampung Limau Asri dan Mulya Kencana Jadi Pusat Pembudidayaan Ternak Sapi di Timika

cropped cnthijau.png
6
×

Kampung Limau Asri dan Mulya Kencana Jadi Pusat Pembudidayaan Ternak Sapi di Timika

Share this article
Yosepine Sampelino
Yosepine Sampelino

Timika, fajarpapua.com – Tingginya kebutuhan daging sapi terutama saat Hari Raya Idul Adha dan hari-hari besar keagamaan lainnya, mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika untuk membudidayakan hewan ternak tersebut di Timika

ads

Untuk membudidayakan ternak sapi, sejak tahun 2020 lalu telah didatangkan indukan sapi dan telah disebarkan kepada petani di Kampung Limau Asri SP 5 serta Kampung Mulya Kencana SP 7, Distrik Iwaka.

“Disnak Keswan Kabupaten Mimika tahun lalu mendatangkan sapi dan disebarkan ke petani yang mau beternak yang tersebar di SP5 dan SP7,” ujar Kadisnak Keswan Kabupaten Mimika, Yosepine Sampelino kepada wartawan di Horison Ultima, Senin (31/5) lalu.

Ua menerangkan, rencana menjadikan dua kampung di Distrik Iwaka sebagai pusat Pembudidayaan sapi karena relatif memiliki lahan yang luas.

“Dari pengamatan kami, tumbuhan yang menjadi pakan sapi tumbuh subur di kedua kampung tersebut, sehingga kami nilai cocok untuk pengembangbiakan sapi,” jelasnya.

Soal pemanfaatan lahan di Jalan Poros SP 5 yang dahulu pernah digunakan untuk pengembangbiakan ternak sapi, Yosepine mengaku tidak mau mengambil risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *